Verstappen puncaki FP2 Grand Prix Styria, Daniel Ricciardo kecelakaan

id formula1,formula one,grand prix styria

Verstappen puncaki FP2 Grand Prix Styria, Daniel Ricciardo kecelakaan

Pebalap tim Red Bull Max Verstappen menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Styria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Jumat (10/7/2020) Joe Klamar/Pool via Reuters

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Red Bull Max Verstappen memimpin catatan waktu sesi latihan bebas kedua (FP2) Grand Prix Styria, Jumat, yang sempat tertunda karena insiden kecelakaan Daniel Ricciardo di Tikungan 9 Sirkuit Red Bull Ring.

Verstappen mencatatkan waktu satu menit 3,660 detik, sekitar 0,7 detik dari waktu pole position balapan akhir pekan lalu di sirkuit yang sama, dan terpaut 0,043 detik dari pebalap Mercedes Valtteri Bottas.

Di belakang kedua pebalap itu, Racing Point membuktikan dirinya mampu menjadi pesaing tim papan atas ketika pemuncak FP1 Sergio Perez berada 0,217 detik dari Verstappen di tempat ketiga, kemudian 0,3 detik berselang Lance Stroll membawa "pink Mercedes" di P4.

Carlos Sainz menjadi pebalap McLaren tercepat di P5, di depan mobil Mercedes kedua yang dikendarai Lewis Hamilton, yang terpaut 0,7 detik dari rekan satu timnya.

Alexander Albon finis P7 setelah sempat melintir di Tikungan 7 dan mengeluhkan mobil Red Bull RB16-nya terlalu lincah, yang kemudian hilang kendali lagi di Tikungan 7-8, 15 menit jelang bubaran.

Lando Norris membawa Mclaren kedua di P8 namun dikenai penalti mundur tiga posisi start karena melanggar bendera kuning di FP1.

Sementara itu Ferrari masih harus berbenah di saat Charles Leclerc hanya mampu membawa SF1000 di P9 sedangkan Sebastian Vettel terpaut 1,9 detik dari Verstappen di P16.

Esteban Ocon melengkapi finis 10 besar hari itu namun rekan satu timnya di Renault, Daniel Ricciardo, mengalami kecelakaan setelah kehilangan kendali mobil R.S.20 di Tikungan 9 hingga menabrak pagar pembatas.
 

Renault akan bekerja semalaman untuk memperbaiki mobil Ricciardo yang rusak cukup parah di sayap depan dan belakang karena benturan tersebut sebelum FP3 dan kualifikasi besok.

Sang pebalap asal Australia itu mampu keluar dari kokpit mobil dan setelah mendapat penanganan medis ia dinyatakan fit.

Sementara cuaca di Spielberg pada Sabtu dan Minggu pagi diperkirakan hujan.