Udara di Riau Mulai Sehat

id riau, udara, asap

Udara di Riau Mulai Sehat

Seorang pengendara motor melintas di dekat asap dari kobanran api yang membakar ribuan hektar kawasan hutan di Desa Selinsing, Kabupaten Bengkalis, Riau, Senin(10/3). (ANTARA FOTO/Aswanddy Hamid Wandy)

Pekanbaru (antarasulteng.com) - Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kabut Asap menyatakan tiga alat Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) menyatakan kualitas udara di Provinsi Riau mulai membaik atau sehat untuk dikonsumsi manusia.

Tiga alat ISPU tersebut menurut laporan yang diterima, Minggu siang, masing-masing yang terpasang di wilayah Kandis, Kabupaten Siak dan di Petapahan, Kabupaten Kampar serta di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru.

Tiga wilayah ini merupakan lokasi operasional PT Chevron Pasific Indonesia (CPI), untuk Kandis alat Ispu menunjukkan angka 21 polutan standar indeks (psi), sementara di Petapahan 33 psi, dan di Rumbau berada di angka 34 psi.

Sesuai dengan Keputusan Kementerian Lingkungan Hidup, jika alat ISPU menunjukkan angka di bawah 50 psi, maka kualitas udara dinyatakan laik konsumsi atau kategori baik (good).

Sementara itu enam alat ISPU lainnya yang terpasang di Kecamatan Siak Sri Indrapura dan Minas, Kabupate Siak, berada di angka 60 hingga 61 psi yang artinya sedang (moderate).

Kemudian dua alat ISPU yang terpasang di Kota Duri, Kabbupaten Bengkalis berkisar pada angka 92-94 psi juga masuk kategori sedang.

Sementara itu alat ISPU yang berada di Kota Dumai menunjukkan angka 99 psi dan di Libo, Kecamatan Mandau, Bengkalis juga masuk kategori sedang dengan 71 psi.

Dari data satgas yang disampaikan ke Antara, pada Sabtu (22/3) hanya ada satu alat ISPU yang terpasang di Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir yang masih masuk kategori tidak sehat dengan angka 175 psi.