Giat Pramuka, cara LPKA Palu berikan hak pendidikan andikpas

id lpka,pramuka

Giat Pramuka, cara LPKA Palu berikan hak  pendidikan andikpas

Sejumlah andikpas belajar sandi morse, salah satu kegiatan Pramuka di LPKA Kelas II Palu, Jumat (17/07). ANTARA/Rangga

Nanti rencana kalau ada kegiatan Kwarcab Kota Palu,anak anak di sini juga bisa diikutkan. Tentunya dalam pengawasan pembina di LPKA
Palu (ANTARA) - Lembaga Pembinaan khusus anak Kelas II Palu, memberikan kegiatan Pramuka bagi anak didik pemasyarakatan (andikpas) sebagai bagian pemenuhan hak pendidikan bagi anak yang sedang menjalani pembinaan di LPKA Palu.

''Kita mencoba untuk memberikan hak pendidikan bagi mereka dan menjaga hak itu tetap berlangsung.meskipun menjalani pidana.'' jelas Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Sulteng Lilik Sujandi di Palu, Jumat.

Tidak hanya itu, menurut Lilik dengan pembinaan Pramuka ini para andikpas dapat lebih disiplin dalam kehidupan sehari-hari, taat kepada hukum, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

''Saya berharap dengan kegiatan pramuka ini, kedisiplinan dan cinta Tanah Air tertanam di dalam jiwa mereka,'' jelasnya

Lilik menambahkan, ada tiga hak yang harus dipenuhi untuk para andikpas yang berada di LPKA Palu, yakni hak pendidikan, hak berprestasi, dan hak berasimilasi atau memberikan ruang yang sama seperti anak yang ada di luar.

Sejumlah andikpas nampak antusias mengikuti kegiatan Pramuka mulai baris-berbaris dan mengenal beberapa aturan Pramuka, oleh pembina dari LPKA Palu.

Dalam kegiatan kepramukaan ini, LPKA Palu juga bekerja sama dengan Pramuka Kwarcab Kota Palu.

''Nanti rencana kalau ada kegiatan Kwarcab Kota Palu,anak anak di sini juga bisa diikutkan. Tentunya dalam pengawasan pembina di LPKA,'' ungkapnya

Sementara itu salah satu andikpas, MH mengungkapkan sangat senang bisa mengikuti kegiatan Pramuka ini karena, bisa memberikan tambahan ilmu saat menjalani pidana.

'Harapan saya tetap bisa ikut Pramuka kalau di luar nanti," ungkapnya.