Barcelona tutup musim dengan pesta gol ke gawang Alaves

id barcelona,alaves,liga spanyol,lionel messi,ansu fati,nelson semedo,luis suarez

Barcelona tutup musim dengan pesta gol ke gawang Alaves

Megabintang Barcelona Lionel Messi (kanan) melakukan selebrasi bersama Jordi Alba (tengah) dan Ansu Fati setelah mencetak gol pertamanya ke gawang Alaves dalam laga pekan penutup Liga Spanyol 2019/20 tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Mendizorroza, Vistoria-Gastein, Spanyol, Minggu (19/7/2020). (ANTARA/REUTERS/Vincent West)

Jakarta (ANTARA) - Barcelona menutup penampilan mereka di Liga Spanyol musim ini dengan menggelar pesta lima gol tanpa balas ke gawang Alaves dalam laga pekan penutup di Stadion Mendizorroza, Vitoria-Gastein, Minggu.

Megabintang Lionel Messi mengemas dua gol, sedangkan Ansu Fati, Luis Suarez dan Nelson Semedo masing-masing satu gol, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Hasil itu sekaligus membuat Barcelona menutup musim pada urutan kedua dengan koleksi 82 poin, sedangkan Alaves (39) pada urutan ke-16.

Di sisi lain Messi juga hampir dipastikan menjadi top skor Liga Spanyol musim ini dengan koleksi 25 gol, kecuali jika penyerang Real Madrid Karim Benzema (21) bisa mencetak lima gol melawan Leganes pada hari yang sama.

Barcelona memulai laga dengan langsung menekan pertahanan tuan rumah dan tiga kali menciptakan peluang gol dari Riqui Puig, Arturo Vidal dan Messi yang membentur tiang gawang.

Keunggulan Barcelona akhirnya dibuka pada menit ke-24 ketika umpan silang Messi membentur bek tuan rumah dan jatuh tepat di hadapan Fati yang dengan tenang melepaskan tembakan keras menjebol gawang tuan rumah.

Tujuh menit kemudian, Messi dengan tenang memperdaya kiper Roberto Jimenez setelah menerima umpan matang kiriman Puig.

Roberto melakukan penyelamatan atas tembakan Vidal pada menit ke-41, tetapi tiga menit kemudian ia tak berkutik saat Suarez menanduk umpan silang Jordi Alba untuk membuat Barcelona unggul 3-0 sampai tiba waktu istirahat.

Tuan rumah melakukan dua pergantian pemain memasuki babak kedua, Alberto Rodriguez untuk Victor Laguardia dan Pere Pons untuk Lucas Perez, dalam upaya mengejar ketertinggalan mereka.

Tujuh menit pertama babak kedua Alabes hampir mencetak gol balasan, tetapi Vidal melakukan penyelamatan dengan menghalau bola tendangan bebas.

Barcelona menambah keunggulan pada menit ke-57 ketika Semedo menanduk umpan silang Puig sebelum Messi melengkapi kemenangan Barcelona menjadi 5-0 lewat aksinya menyelesaikan umpan silang Alba yang membuat Roberto tak berkutik.



Susunan pemain:

Alaves (4-4-2): Roberto Jimenez; Martin Aguirregabiria, Victor Laguardia (Alberto Rodriguez), Lisandro Magallan, Adrian Marin; Edgar, Victor Camarasa (Abdallahi Mahmoud), Manu Garcia (Ljubomir Fejsa), Oliver Burke (Luis Rioja); Lucas Perez (Pere Pons), Joselu
Pelatih: Juan Muniz

Barcelona (4-3-3): Neto; Sergi Roberto, Ronald Araujo, Clement Lenglet (Nelson Semedo), Jordi Alba; Arturo Vidal, Sergio Busquets (Frenkie de Jong), Riqui Puig; Lionel Messi, Luis Suarez, Ansu Fati (Martin Braithwaite)
Pelatih: Quique Setien