Pemkab Sigi akan maksimalkan jaminan ketersediaan pangan

id Bupati Sigi,Pemkab Sigi,pertanian sigi,pangan sigi,petani sigi,kedelai

Pemkab Sigi akan maksimalkan jaminan ketersediaan pangan

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menyampaikan sambutan pada kegiatan gerakan tanam kedelai, berlangsung di Desa Langaleso, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Kamis. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Dalam menghadapi tantangan tersebut sangat diperlukan kesamaan persepsi, keterpaduan teknologi, dan sinkronisasi dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohammad Irwan Lapatta mengatakan pemerintah kabupaten setempat akan terus berupaya semaksimal mungkin menjamin ketersediaan pangan di tengah masyarakat melalui peningkatan produksi dan produktivitas pertanian.

"Pemerintah Kabupaten Sigi berupaya menjamin ketersediaan pangan dengan jalan meningkatkan produksi hasil-hasil pertanian," kata Irwan di Sigi, Kamis, pada kegiatan gerakan tanam kedelai.

Bupati mengatakan pangan merupakan kebutuhan mendasar manusia yang paling hakiki sehingga kebutuhan pangan masyarakat di suatu daerah mutlak harus terpenuhi. 

"Namun, untuk memenuhi itu dibutuhkan persamaan persepsi," katanya.

Baca juga: Bupati Sigi minta Pemprov Sulteng bantu buka jalur pasar kedelai

Untuk mendukung hal itu diperlukan sinkronisasi program dan teknologi yang digunakan dalam bercocok tanam.

Dengan adanya sinkronisasi itu, menurut bupati, menunjukkan upaya serius pemerintah untuk selalu menjamin ketersediaan pangan melalui peningkatan hasil-hasil pertanian.

Bupati mengatakan dalam penyusunan program pembangunan daerah, sektor tanaman pangan menjadi salah satu prioritas utama. 

Pilihan itu prioritas tersebut karena mempertimbangkan jumlah penduduk Sigi yang terus meningkat, yang secara langsung berdampak pada kebutuhan konsumsi atas pangan.

Namun, diakui Bupati, di satu sisi terjadi pengurangan lahan-lahan pertanian, dikarenakan lahan pertanian beralih fungsi menjadi lahan permukiman warga.

Baca juga: Pemprov Sulteng-Pemkab Sigi gagas penanaman kedelai di tengah pandemi COVID-19

"Dalam menghadapi tantangan tersebut sangat diperlukan kesamaan persepsi, keterpaduan teknologi, dan sinkronisasi dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan," ungkap Bupati.

Bupati menambahkan bahwa pengembangan sektor pertanian, tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri akan tetapi harus didukung berbagai instansi terkait lainnya.

Dia mencontohkan penyediaan jaringan irigasi dan sarananya merupakan program dari Dinas Pekerjaan Umum. 
"Kemudian untuk pemasaran produk pertanian merupakan tugas dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, sedangkan untuk modal perlu adanya dukungan perbankan," ujarnya..
Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta (kemeja putih) melakukan penanaman kedelai, dalam program gerakan tanam kedelai, berlangsung di Desa Langaleso, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Kamis. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar