KONI Sulteng dukung program pembinaan atlet usia dini

id koni

KONI Sulteng  dukung program pembinaan atlet usia dini

Ketua Umum KONI Sulteng Anwar Ponulele MSi. (ANTARA/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan sangat mendukung upaya peningkatan prestasi atlet melalui program pembinaan atlet usia dini.

"Program itu seharusnya menjadi prioritas bagi pengurus provinsi setiap cabang olahraga yang ada di Sulteng," kata Ketua KONI Provinsi Sulawesi Tengah, Anwar Ponulele di Palu, Selasa.

Anwar mengatakan tidak ada atlet yang langsung menjadi besar atau mengukir prestasi, tanpa melalui sistem pembinaan yang dilakukan secara terprogram oleh masing-masing cabang olahraga.

"Semua atlet yang telah mengukir prestasi cemerlang, baik tingkat lokal, regional sampai tingkat nnasional maupun internasional tentu sebelumnya telah melalui tahapan pembinaan deari usia dini," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, setiap pengurus provinsi (pengprov) cabang olahraga yang telah memprogramkan pembinaan atlet usia dini, perlu mendapat dukungan penuh, baik dari KONI maupun pemerintah daerah.

Menurut dia, program pembinaan atlet usia dini harus dilakukan secara berskesinambungan sehingga atlet berprentasi tidak terputus, dan jika program ini dilaksanakan dengan baik dan benar, niscaya Sulteng akan melahirkan atlet berprestasi secara berkesinambungan.

"Ini artinya prestasi atlet tidak terputus, sebab sejak usia dini mereka sudah mendapatkan pembinaan yang baik dan stok atlet berprestasi selalu tersedia. Ketika atlet sudah masuk ke jenjang junior dan senior tetap ada prestasi, dan begitu atlet senior pensiun, maka ada atlet junior yang bisa melanjutkan prestasi mereka," ujarnya.

Oleh karena itu, kata Anwar, KONI terus mendorong semua cabang olahraga di kabupaten/kota di Provinsi Sulteng untuk benar-benar fokus pada pembinaan atlet usia dini, seiring juga dengan tetap perhatian pada pembinaan atlet junior dan senior.

Sementara Ketua Pengprov FORKI Sulteng Yudi T juga mengatakan salah satu program pembinaan atlet di lingkungan olahraga beladiri adalah pembinaan atlet usia dini.

"Program tersebut perlu mendapatkan perhatian sehingga Sulsel akan terus menghasilkan atlet berprestasi, dan hal itu sudah dilakukan di masing-masing perguruan karate yang ada di berbagai kabupaten dan kota di Sulteng," ujarnya.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar