Gol Ibra bantu Milan perpanjang catatan positif di era pandemi

id Liga Italia,AC Milan,Sampdoria

Gol Ibra bantu Milan perpanjang catatan positif di era pandemi

Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic (kiri) merayakan gol penalti ke gawang Lazio dalam lanjutan Liga Italia di Stadio Olimpico, Roma, Italia, Sabtu (4/7/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Alberto Lingria/foc.

Jakarta (ANTARA) - Zlatan Ibrahimovic menyumbang dua gol untuk membantu AC Milan memperpanjang catatan positifnya di era pandemi, dengan kemenangan 4-1 di markas Sampdoria pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Rosonerri belum pernah kalah sejak Liga Italia dilanjutkan kembali pada Juni setelah sempat tertangguhkan akibat pandemi COVID-19. Dengan hasil di Genoa tersebut, Milan kini mengoleksi delapan kemenangan dan tiga kali imbang, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Gol pertama Ibra (4') membuka keunggulan Milan, sebelum kemudian mereka memperbesar keunggulan melalui gol-gol Hakan Calhanoglu (52'), Ibrahimovic (58'), dan Rafael Leao (90'). Gol semata wayang Sampdoria dikemas oleh Kristoffer Askildsen (87').

Hasil itu semakin mengokohkan cengkraman Milan di peringkat keenam dengan 63 poin. Sedangkan posisi Sampdoria juga tidak berubah di klasemen, mereka tetap berada di posisi ke-15 dengan 41 poin.



Laga baru berusia empat menit saat Ibrahimovic membawa tim tamu memimpin. Ante Rebic bergerak leluasa di sisi kiri dan mengirimkan umpan silang untuk disambut tandukan penyerang asal Swedia tersebut.

Kiper debutan Sampdoria Wladimiro Falcone kemudian menggagalkan peluang Theo Hernandez dan Davide Calabria, serta menggunakan kakinya untuk mencegah Rebic mencetak gol dari umpan Calhanoglu.

Sisa babak pertama menjadi milik Milan. Sayangnya mereka masih belum mampu memanfaatkan sejumlah peluang untuk menggandakan keunggulan.

Kiper Milan Gianluigi Donnarumma melakukan penyelamatan terhadap tendangan bebas Fabio Quagliarella, namun Milan kemudian menggandakan keunggulan dengan bantuan VAR.

Wasit Fabrizio Pasqua awalnya memberi tendangan bebas kepada Sampdoria saat Calhanoglu dianggap melakukan pelanggaran terhadap Ronaldi Vieira saat ia mengonversi bola dari Ibrahimovic. Tetapi setelah meninjau VAR, terlihat jelas bahwa Vieira terjatuh sendiri sehingga gol itu disahkan.

Tidak lama berselang gawang Sampdoria kembali kemasukan untuk ketiga kalinya. Matteo Gabbia dapat merebut bola di lapangan tengah dan langsung melancarkan serangan balik, bola lantas diteruskan Calhanoglu kepada Ibrahimovic untuk diselesaikan menjadi gol.



Sampdoria mendapat hadiah penalti ketika Simon Kjaer dinyatakan melanggar Andrea Bertolacci. Spesialis penalti Quagliarella telah ditarik keluar lapangan, sehingga Gonzalo Maroni mengambil tanggung jawab sebagai algojo. Tetapi Donnarumma mampu menggagalkan penalti tersebut.

Blucerchiati akhirnya mampu mengemas gol hiburan melalui sepakan jarak jauh Kristoffer Askildsen.

Di sisa waktu yang ada, Milan masih mampu membukukan gol keempat. Kali ini assist Giacomo Bonaventura yang dikonversi menjadi gol oleh pemain Portugal Rafael Leao

Pada pertandingan putaran terakhir yang akan dimainkan pada Sabtu (1/8), Milan akan menjamu Cagliari, sedangkan Sampdoria melawat ke markas tim yang terdegradasi, Brescia.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Italia:

Sampdoria (4-4-1-1): Wladimiro Falcone, Bartosz Bereszynski, Maya Yoshida, Omar Colley, Tomasso Augello, Fabio Depaoli (Mehdi Leris 46'), Karol Linetty (Kristoffer Askildsen 74'), Ronaldo Vieira (Andrea Bertolacci 74'), Jakub Jankto, Gaston Ramirez (Gonzalo Maroni 46'), Fabio Quagliarella (Manolo Gabbiadini 74')
Pelatih: Claudio Ranieri

AC Milan (4-2-3-1): Gianluigi Donnarumma, Davide Calabria (Samuel Castillejo 62'), Simon Kjaer, Matteo Gabbia, Theo Hernandez, Franck Kessie (Lucas Biglia 79'), Ismael Bennacer, Alexis Saelemaekers, Hakan Calhanoglu (GiacomoBonaventura 62'), Ante Rebic (Rafael Leao 46'), Zlatan Ibrahimovic (Lucas Paqueta 79')
Pelatih: Stefano Pioli