Presiden serahkan sapi kurban seberat 1 Ton ke Masjid Istiqlal

id Presiden Jokowi,Idul Adha 1441 Hijiriah

Presiden serahkan sapi kurban seberat 1 Ton ke Masjid Istiqlal

Menteri Agama Fachrul Razi (tengah) yang mewakili Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyerahkan hewan kurban berupa sapi peranakan ongole berbobot 1,08 ton kepada panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (30/7) (ANTARA/HO-Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Saya secara khusus menyerahkan kepada Bapak Imam Besar (K.H. Nasaruddin Umar) untuk hewan kurban ini disembelih dan dibagikan dagingnya kepada mereka yang berhak

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan hewan kurban berupa sapi peranakan ongole berbobot 1,08 ton kepada panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis, untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Penyerahan hewan kurban secara simbolis dilakukan oleh Menteri Agama Fachrul Razi yang mewakili Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

"Saya secara khusus menyerahkan kepada Bapak Imam Besar (K.H. Nasaruddin Umar) untuk hewan kurban ini disembelih dan dibagikan dagingnya kepada mereka yang berhak," kata Fachrul Razi seperti siaran pers Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden di Jakarta, Kamis.

Pada Idul Adha tahun ini yang diperingati di tengah pandemi COVID-19, Fachrul berpesan agar daging hewan kurban dibagikan sebanyak-banyaknya kepada fakir miskin dan yang membutuhkan.

Baca juga: Presiden Joko Widodo dan keluarga akan Shalat Idul Adha di Bogor

"Kami selalu berpesan kepada seluruh umat Indonesia yang berkurban bahwa dagingnya, karena memang situasi kita seperti ini, hendaknya sebanyak-banyaknya diberikan kepada fakir miskin atau kepada mereka yang terdampak COVID-19," ujarnya.

"Kita berterima kasih kepada Bapak Presiden yang dalam situasi COVID-19 ini berkenan untuk menitipkan kurbannya di Masjid Istiqlal yang kita banggakan ini," Menag menambahkan.

Hewan kurban dari Presiden yang diserahkan ke Masjid Istiqlal adalah sapi berjenis peranakan ongole dari Tulang Bawang, Lampung, berbobot 1.088 kilogram. Selain di Masjid Istiqlal, Presiden juga berkurban di banyak wilayah lainnya.

Turut hadir dalam acara penyerahan hewan kurban tersebut antara lain Imam Besar Masjid Istiqlal K.H. Nasaruddin Umar dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.