Rektor IAIN Palu minta percepat realisasi serapan anggaran melalui program

id IAIN Palu,Realisasi anggaran,Pagu iain palu,Prof Sagaf Pettalongi MPd

Rektor IAIN Palu minta percepat realisasi serapan anggaran melalui program

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menyampaikan arahan dalam rapat evaluasi serapan anggaran tahun 2019 semester I atau triwulan II, di IAIN Palu, Kamis. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Kita dituntut produktif, tapi di satu sisi kita harus waspada dengan pandemi virus corona jenis baru ini
Palu (ANTARA) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menekankan kepada seluruh fakultas, lembaga dan unit di perguruan tinggi tersebut untuk segera melaksanakan program, demi percepatan realisasi serapan anggaran tahun 2020.

"Kalau tidak bisa dilaksanakan, maka segera mengajukan revisi. Meski revisi itu tidak baik," kata Sagaf di Palu, Kamis, terkait realisasi anggaran tahun 2020.

Dia menekankan bila tidak dapat melaksanakan program yang telah diprogramkan di semester awal, maka sebaiknya segera mengajukan usulan revisi, agar anggaran yang telah dialokasikan tidak sia-sia, dan kembali ke negara.

Namun, bila direvisi, program yang hendak akan dilaksanakan pada semester dua atau triwulan III dan IV, harus tetap mengedepankan aspek kualitas.

"Sehingga substansi dari kegiatan tidak hanya seremonial," ujarnya.

Rektor mengakui bahwa situasi pandemi menjadi satu dari sekian banyak kendala lambannya realisasi serapan anggaran.

"Kita dituntut produktif, tapi di satu sisi kita harus waspada dengan pandemi virus corona jenis baru ini," imbuhnya.

Pagu anggaran IAIN Palu tahun anggaran 2019 yang dilaksanakan tahun 2020 ini senilai Rp118 miliar. Namun, terjadi penghematan negara di situasi pandemi COVID-19 sebanyak dua kali, sehingga pagu berkurang menjadi Rp113 miliar.

Pagu tersebut diperuntukkan antara lain meliputi belanja modal, belanja pegawai, bantuan sosial, fakultas, lembaga dan unit, pascasarjana, kegiatan akademik dan kegiatan kemahasiswaan.

Data Bagian Keuangan IAIN Palu mencatat per tanggal 28 Juli 2020 realisasi anggaran mencapai Rp38 miliar, sisa dana Rp75 miliar, dari total pagu Rp113 miliar.
Rapat evaluasi serapan anggaran tahun 2019 semester I atau triwulan II, di IAIN Palu, Kamis. (ANTARA/Muhammad Hajiji)