Khatib ajak jamaah berdoa agar pandemi COVID-19 segera berakhir

id IAIN Palu

Khatib ajak jamaah  berdoa agar pandemi COVID-19 segera berakhir

Pelaksanaan shalat Idul Adha di lingkungan IAIN Palu (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Khatib Shalat Idul Adha di lingkungan IAIN Palu, Sulawesi Tengah, Dr Syamsuri mengajak jamaah untuk bersama-sama berdoa kepada Allah SWT, agar pandemi virus corona di Indonesia segera berakhir.

"Marilah kita memohon kepada Allah SWT supaya dapat mengangkat wabah pandemi virus corona, dan bala yang bakal atau sedang menimpa manusia," kata  Syamsuri dalam khutbahnya yang berjudul 'membangun infastruktur ritual qurban' di IAIN Palu, Jumat.

Khatib juga mengajak kepada jamaah untuk berdoa agar bangsa ini terhindar dari segala masalah yang dapat mempengaruhi kesatuan dan persatuan, dalam bingkai NKRI.

Syamsuri mengemukakan berqurban termasuk satu dari sekian banyak amalan yang dicintai Allah pada hari Idul Adha.

Pernyataan itu mengutip hadis riwayat Imam Hakim, Ibnu Majah dan Tirmidzi dari Sayidah Aisyah yang berbunyi "Tidaklah pada hari nahr manusia beramal suatu amalan yang lebih dicintai Allah, dibanding mengalirkan darah dari hewan kurban. Ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku, rambut hewan kurban tersebut. Dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada ridha Allah sebelum tetesan darah tersebut jatuh ke bumi, maka bersihkanlaj jiwa kalian dengan berqurban".

Sejalan dengan hadis itu, kata dia, ada beberapa syarat hewan qurban sapi atau kambing di antaranya, umur hewan harus dua tahun, yang ditandai dengan berubahnya gigi susu menjadi gigi tetap. Tubuh hewan qurban tersebut tidak ada cacat fisik.

"Seperti telinga robek, cuping hidung tidak robek, tidak pincang, gigi lengkap, tanduk dan ekor tidak boleh terpotong, testi lengkap, serta anggota gerak lainnya lengkap," sebutnya.

Hewan qurban itu, lanjut dia, harus sehat, bulu mengkilap, tidak rontok, tulang punggung rata, suhu tubuh normal 36 derajat celcius, tidak ada pembekakan kelenjar pertahanan.

Selanjutnya, mata hewan qurban harus bersih dan cerah tidak ada kotoran/darah, telinga bersih tidak ada kotoran/darah, sekitar anus bersih dan tidak berdarah di sekitar anus dan kelamin hewan.
Pelaksanaan shalat Idul Adha di lingkungan IAIN Palu (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar