AS: Pesawat Rusia Langgar Wilayah Udara Ukraina

id ukraina, as, rusia, tentara

AS: Pesawat Rusia Langgar Wilayah Udara Ukraina

Seorang tentara Ukraina bentrok dengan pengunjuk rasa pro-Rusia di sebuah lapangan dekat Kramatorsk, Ukraina timur, Rabu (16/4). (REUTERS/Marko Djurica/ox/14. )

Washington, AS, (antarasulteng.com) - Pesawat-pesawat tempur Rusia melanggar wilayah udara Ukraina beberapa kali dalam 24 jam terakhir, kata seorang juru bicara Pentagon Jumat, sebagai tanda terbaru meningkatnya konfrontasi antara Moskow dan Kiev.

"Saya dapat konfirmasikan bahwa pada beberapa kesempatan dalam 24 jam terakhir, pesawat Rusia telah memasuki wilayah udara Ukraina," kata Kolonel Steven Warren seperti dilapokan AFP.

Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut, termasuk di mana insiden terjadi atau apa jenis pesawat Rusia yang terlibat.

Warren mendesak Rusia untuk mengambil "langkah-langkah segera guna meredakan situasi."

Dengan ketegangan-ketegangan meningkat, Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel telah mencoba untuk mengatur pembicaraan telepon sejak Kamis dengan timpalannya Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, untuk membahas krisis, namun Moskow belum menanggapi permintaan itu, kata Warren.

Namun Ketua Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Martin Dempsey, telah melakukan pembicaraan dengan timpalannya di Moskow, kata Warren.

Setelah Ukraina mengumumkan operasi militer untuk melawan pemberontak pro-Kremlin, Rusia memerintahkan pasukannya dan pesawat berkumpul di perbatasan untuk meluncurkan pelatihan baru.

Para pejabat pertahanan AS telah mengkonfirmasi satu kesibukan pergerakan pasukan terkait dengan pelatihan yang dideklarasikan dan mengakui ada banyak senjata Rusia di perbatasan untuk segera merebut wilayah Ukraina timur - jika Moskow memilih bertindak seperti itu.

Sementara itu Jerman mengatakan, separatis pro-Rusia telah menahan 13 anggota misi pengamat OSCE di Ukraina.(skd)