1.145 peserta UMPTKIN IAIN Palu ikuti seleksi secara daring

id IAIN Palu,UMPTKIN,mahasiswa baru iain palu,maba iain palu,Prof Sagaf Pettalongi

1.145 peserta UMPTKIN IAIN Palu  ikuti seleksi secara daring

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd (kiri/berdiri) memantau pelaksanaan ujian seleksi jalur penerimaan UMPTKIN yang berlangsung di Kampus IAIN Palu, Senin (3/8/2020). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Sebanyak 1.145 orang peserta jalur pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) mengikuti seleksi secara daring pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, mulai 3-6 Agustus 2020.

"IAIN Palu selaku salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di bawah naungan Kemenag RI telah melakukan langkah-langkah persiapan pelaksanaan seleksi calom mahasiswa baru tersebut," ucap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr Abidin Djafar, di Palu, Senin..

Ia menambahkan seleksi ujian masuk yang diikuti calon mahasiswa baru secara daring itu, antara lain meliputi persiapan ruangan ujian, komputer, listrik dan jaringan internet, yang semua itu merupakan daya dukung untuk kelancaran pelaksanaan UMPTKIN tersebut.

"IAIN Palu berupaya menyediakan hal-hal tersebut jauh-jauh hari sebelumnya, salah satu tujuannya agar calon mahasiswa yang tidak memiliki daya dukung tersebut di rumahnya, bisa mengikuti ujian seleksi di kampus," ujarnya.

Namun, lanjut dia, bagi calon mahasiswa yang berasal di Kota Palu dan dari luar Kota Palu untuk mengikuti seleksi di kampus IAIN Palu maka harus mengikuti protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Salah satu yang kami siapkan yakni pencegahan COVID-19), dan bagi calon mahasiswa itu harus mengikuti protokol kesehatan tersebut," ujar Abidin.

Ia mengatakan IAIN Palu mewajibkan peserta calon mahasiswa varu itu untuk memakai masker, mencuci tangan sebelum memasuki ruangan ujian, dan pemeriksaan suhu tubuh dan jaga jarak yang bertempar gedung laboratororium komputer perguruan tinggi negeri itu.

Ia menyebutkan jumlah peserta UMPTKIN sebanyak 1.145 orang, sebagian calon mahasiswa itu mengikuti seleksi dari rumahnya masing-masing, dan sebagian lagi mengikuti seleksi di kampus IAIN Palu. Bagi peserta yang mengikuti seleksi di kampus, panitia membagi 12 sesi, satu sesi lima ruang, dan setiap ruangan seleksi diisi 20 peserta.

"Pembagian sesi ujian seleksi ini, salah satu tujuannya untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19," ungkap dia.
Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd memantau pelaksanaan ujian seleksi jalur penerimaan UMPTKIN di Kampus IAIN Palu, Senin (3/8/2020). (ANTARA/Muhammad Hajiji)