Pemkab Sigi maksimalkan program Sigi religi

id Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Mohammad Irwan Lapatta,Sigi Reigi

Pemkab Sigi maksimalkan program Sigi religi

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menyampaikan sambutan dan meluncurkan gerakan membaca ratibul haddad di setiap masjid, di Sigi. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sigi)

Untuk Sigi religi saya telah membuat surat edaran kepada seluruh imam masjid di Sigi untuk membaca 'ratibul haddad' setiap selesai shalat magrib dan isyah

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, terus memaksimalkan pembinaan umat di daerah itu melalui program Sigi religi.

“Untuk Sigi religi saya telah membuat surat edaran kepada seluruh imam masjid di Sigi untuk membaca 'ratibul haddad' setiap selesai shalat magrib dan isyah,” kata Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, di Sigi, Senin.

Dia mengatakan Pemkab Sigi bertanggungjawab penuh terhadap program Sigi religi, yang salah satu tujuannya untuk pembinaan masyarakat/umat dari aspek agama.

Olehnya, kata dia, dirinya mengeluarkan edaran kepada tokoh agama termasuk imam masjid bagi kalangan muslim, untuk membaca "ratibul haddad" setiap selesai shalat magrib dan isya.

“Edaran ini tembusannya kepada seluruh kepala desa dan camat, untuk melaksanakan pembacaan 'ratibul haddad', tidak hanya menjadi sebuah hal-hal yang khusus tetapi pembacaan ini sudah menjadi sebuah budaya, niat, serta sebuah spontanitas dalam kehidupan,” ujarnya.

Harapannya, kata dia, dengan pembacaan ratib Al-Hadad ini di seluruh pelosok Kabupaten Sigi selesai shalat magrib maupun isya dapat mengantar setiap individu muslim menjalankan perintah agama dengan baik, sehingga Sigi dijauhkan dari segala bentuk bencana.

“Semoga dengan ini menjauhkan daerah ini dari segala bala, serta selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT,” kata dia.

Bupati juga meminta kepada camat dan kepala desa, agar mengkoordinir kegiatan ini di setiap masjid di tingkat desa, dengan melibatkan generasi muda.

Bupati berharap kepada pengurus Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI ) di tingkat desa dan kecamatan, untuk tetap melaksanakan program-program kebersamaan pembinaan umat, salah satunya pembacaan ratibul haddad.

“Program yang telah didorong BKPRMI Kabupaten Sigi untuk ditindaklanjuti BKPRMI kecamatan dan desa, untuk melaksanakan tugas-tugasnya, serta BKPRMI menjadi mitra kerja Pemerintah Kabupaten Sigi dalam kegiatan-kegiatan Sigi Religi,” sebut Bupati.

Dirinya berharap kegiatan ini menjadikan setiap diri masyarakat menjadi lebih baik dan tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang dapat menimbulkan perpecahan.

Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar