Stasiun Meteorologi Palu ingatkan warga Sulteng waspadai banjir

id stasiun meteorologi,banjir dan longsor,banjir,hujan ,affan nugraha,mutiara sis aljufri palu

Stasiun Meteorologi Palu ingatkan warga Sulteng waspadai banjir

Koordinator Unit Analisa dan Pengolahan Data Stasiun Meteorologi Kelas II Palu Mutiara Sis Aljufri Palu, Affan Nugraha, menjelaskan mengenai perputaran angin yang memberikan dampak terhadap terjadinya hujan, di Palu, Selasa. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Ketika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang kita perlu waspadai ialah dampak dari hal itu
Palu (ANTARA) - Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara Sis Aljufri Palu mengingatkan masyarakat di Sulawesi Tengah agar mewaspadai bencana alam berupa banjir seiring masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, dan sedang hingga lebat dalam beberapa hari ke depan.

"Ketika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang kita perlu waspadai ialah dampak dari hal itu," kata Koordinator Unit Analisa dan Pengolahan Data Stasiun Meteorologi Kelas II Palu Mutiara Sis Aljufri Palu, Affan Nugraha, di Palu, Selasa.

Berdasarkan Prakiraan Cuaca Stasiun Meteorologi Kelas II Palu, sebagian besar wilayah Sulawesi Tengah didominasi angin timur yang berasal dari Laut Flores dan Laut Banda.

Angin tersebut, membawa masa udara basah, ditambah dengan angin yang berasal dari Samudera Pasifik yang juga membawa masa udara basah.

Karena itu, kata Affan, wilayah-wilayah yang berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat meliputi Banggai, Banggai Laut, Banggai Kepulauan, Morowali, Morowali Utara, Buol dan Tolitoli.

Sementara sebagian wilayah di Sulteng meliputi Donggala bagian selatan, Kota Palu dan sekitarnya mulai dimasuki angin dari Gurun Benua Australia.

Lanjut dia, dalam prakiraan cuaca beberapa daerah lainnya dalam skala lokal berpotensi dilanda hujan pada dini hari/tengah malam dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Dalam skala lokal yang berpotensi hujan intensitas sedang hingga lebat meliputi Banggai Laut, Kepulauan, Banggai, Buol, Tolitoli, Parigi Moutong, Poso, Kota Palu, dan Sigi," sebutnya.

Karena itu warga diminta untuk waspada atas kemungkinan terjadinya bencana alam berupa banjir, banjir bandag dan longsor di daerah-daerah tersebut.

"Di sampaing banjir, potensi hujan juga disertai dengan angin dan petir," kata dia.