Gubernur Gorontalo salurkan bantuan untuk korban banjir

id banjir gorontalo

Gubernur Gorontalo salurkan bantuan untuk korban banjir

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meninjau dapur umum bagi korban banjir di Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo, Rabu. (Humas)

Gorontalo (ANTARA) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyalurkan bantuan untuk korban banjir Desa Juriya Kecamatan Bilato, Kabupaten Gorontalo, Rabu.

Bantuan tersebut untuk 259 kepala keluarga atau 891 jiwa yang terdampak banjir, akibat luapan Sungai Paguyaman yang terjadi pada Senin (3/8).

Bantuan yang diserahkan antara lain beras, lauk pauk, makanan bayi, tikar, dan selimut.

Selain bantuan tersebut, Pemprov Gorontalo juga membangun dapur umum dan memberikan layanan makanan siap saji kepada korban banjir.

“Akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi dan berlangsung dalam waktu cukup lama sehingga menyebabkan banjir di beberapa wilayah Gorontalo, ada di Bone Bolango, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, dan Boalemo,” katanya.

Menurutnya kondisi tersebut diperparah lagi oleh kerusakan hutan, akibat penebangan liar dan aktivitas penambangan ilegal.

Ia mengajak masyarakat untuk lebih peduli menjaga kelestarian alam, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak hutan.

“Saya tahu dulu bahkan mungkin sampai sekarang ada penambang-penambang ilegal di wilayah ini yang harus kita hentikan. Tolong jangan saling menyalahkan dan menuding, tapi mari kita cari solusinya bersama-sama,” tambahnya.

Selain menyerahkan bantuan kepada warga yang terkena dampak banjir, ia juga menerima masukan dari pemerintah desa untuk pembangunan tanggul.

Usulan pembangunan tanggul itu, lanjutnya, akan disampaikan ke pemerintah pusat agar mendapatkan alokasi anggaran.

“Senin depan saya akan memaparkan kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas salah satunya tentang program penanganan banjir. Doakan perjuangan kami berhasil, karena anggaran provinsi dan kabupaten kota tidak cukup untuk membangun tanggul yang anggarannya ratusan miliar,” ujarnya.**