KBRI gelar kegiatan virtual sambut HUT RI di Roma

id 17 agustus KBRI,KBRI roma

KBRI gelar kegiatan virtual sambut HUT RI di Roma

Dubes Esti Andayani menyambut rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 bertajuk Indonesia Maju (ANTARA/HO-KBRI)

London (ANTARA) - Kedutaan Indonesia di Roma mengelar berbagai kegiatan Peringatan Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, melalui program "Ceria Merdeka Online 2020".

Hal ini dilakukan mengingat perkembangan penanganan COVID-19 di Italia sangat kondusif, dengan jumlah kasus aktif semakin turun sekitar 12 ribu kasus aktif namun Italia masih berada pada fase kedua living with the virus,” demikian Counsellor Pensosbud KBRI Roma, Danang Waskito kepada ANTARA London, Kamis.

“Peringatan HUT RI tahun ini sangat istimewa dilakukan secara virtual dalam upaya meminimalisir penyebaran Covid 19, meski di Italia situasi saat ini sudah sangat kondusif Namun protokol kesehatan masih diberlakukan,” ujarnya.

Dikatakannya berbagai kegiatan dilakukan secara virtual yang dapat diikuti WNI dan Diaspora Indonesia yang ada di negara akreditasi KBRI Roma, termasuk di seluruh Italia, Siprus, Malta dan San Marino.

Beberapa kegiatan dan lomba virtual antara lain Bazaar Online yang menjual produk makanan dan kue tradisional Indonesia. Selain itu dijual produk-produk Indonesia seperti baju batik, masker batik, kalung, bros, souvenir dan lainnya.
 

Kegiatan bazaar online tentunya selain memperkenalkan masakan dan produk Indonesia ke orang asing karena yang pesan juga banyak warga Italia dan diplomat asing juga tentunya upaya kami ikut memberdayakan usaha kecil warga Indonesia di Italia khususnya, ujarnya.

"Pada saat pandemi, usaha dan pekerjaan beberapa WNI juga terpengaruh. Ada yang berkreasi untuk membuat masker batik misalnya. Cukup laku dan banyak dipesan karena selain motifnya unik, masker ini juga punya beberapa lapisan sesuai dengan ketentuan produk masker saat pandemi COVID-19, dan aman digunakan," tambahnya.

Berbagai lomba online yang dilakukan secara virtual antara lain lomba foto, tiktok atau vlog, menyanyi, baca puisi,deklamasi, plating (menghias) makanan Indonesia, kuis 17 Agustus semua kegiatan hingga 19 Agustus mendatang.

Berbagai lomba online, untuk mengajak partisipasi tidak saja WNI Namun juga WN negara akreditasi (Italia, Malta, Siprus dan San Marino) termasuk Diaspora Indonesia untuk ikut merayakan Kemerdekaan RI, dengan kegiatan yang aman dan menarik karena virtual, ujarnya.

Selain itu juga digelar Webinar "Bincang Ringan Inspirasi dan Kreativitas Menulis" dengan penulis novel Habiburrahman el Shirazy, pada 12 Agustus mendatang. Demo masak makanan Indonesia via FB Live KBRI Roma pada 13 Agustus .

Selain itu, KBRI Roma juga akan menyiarkan secara online melalui FB live kegiatan upacara bendera HUT RI ke-75. Pada tahun ini, upacara bendera akan dilakukan di KBRI Vatikan merujuk pada kesepakatan penyelenggaraan Upacara Bendera HUT RI secara bergantian.

Kegiatan upacara diadakan dengan mematuhi protokol kesehatan berlaku, mempertimbangkan physical distancing serta peserta terbatas.

Dubes Esti Andayani dalam video menyambut rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 bertajuk Indonesia Maju, ia mengajak seluruh WNI di negara akreditasi tetap bersemangat dalam memperingati dan memeriahkan kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, para WNI juga diimbau tetap waspada, menjaga kesehatan dan kebersihan untuk menghindari penularan COVID-19.

Saat ini tercatat 3.144 WNI di Italia, sementara 326 WNI di Malta, dan 72 WNI di Siprus. 
 

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar