Teh Akan Jadi Minuman Nasional India

id teh, minuman

Teh Akan Jadi Minuman Nasional India

Perkebunan teh (ANTARA)

New Delhi, 22/4 (ANTARA Sulteng) - India akan mengumumkan teh sebagai minuman nasional pada April tahun depan, kata perencana senior di negeri itu.

"Minuman tersebut akan dinobatkan sebagai minuman nasional pada 17 April tahun depan, bersamaan dengan peringatan ulang tahun ke-212 penanam teh Assamese pertama dan pemimpin Pemberontakan Sepoy Maniram Dewan," kata Wakil Ketua Komisi Perencanaan India Montek Singh Ahluwalia sebagaimana dikutip media setempat, Sabtu (21/4).

Ahluwalia mengeluarkan pernyataan itu dalam pidatonya saat perayaan Ulang Tahun Platina Perhimpunan Petani Teh Assam di Jorhat di negara bagian Assam India timurlaut, demikian laporan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Ahad siang.

Maniram Dewan adalah petani teh pertama dari suku pribumi yang juga ikut dalam perjuangan bagi gerakan kemerdekaan India, katanya.

India adalah konsumen dan produsen terbesar teh hitam di dunia. Sebanyak 83 persen rumah tangga di negeri itu mengkonsumsi minuman tersebut --yang dipandang sebagai paling murah di dunia setelah air.(ANT/Xinhua-OANA)