21 tim ikuti lomba memanah ikan di Teluk Tomini Parigi Moutong

id Lomba panah ikan, hut ri, parigi moutong, teluk tomini

21 tim ikuti lomba memanah ikan  di Teluk Tomini Parigi Moutong

Proses penimbangan ikan hasil tangkapan peserta lomba memanah ikan di laut Teluk Tomini Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Minggu (9/8/2020). ANTARA/Moh Ridwan

Parigi (ANTARA) - Sebanyak 21 tim ikut berkompetisi pada lomba memanah ikan di laut Teluk Tomini Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah sebagai rangkaian kegiatan memeriahkan HUT ke-75 Republik Indonesia oleh pemerintah kabupaten setempat.

"Peserta ikut ambil bagian pada kegiatan lomba memanah ikan tradisional ini sekitar 42 orang dari 21 tim yang terlibat," kata panitia bidang lomba memanah ikan Burhan Husain, di Siney, Parigi Moutong, Minggu.

Rangkaian kegiatan menyambut dan memeriahkan HUT RI merupakan inisiatif pemerintah setempat, mengingat sebagian besar profesi warga Parigi Moutong adalah nelayan.

Dia menjelaskan, 21 tim yang terlibat merupakan perwakilan masing-masing kecamatan dan instansi pemerintah kabupaten setempat.

Dimana, penyelenggara telah menyediakan sejumlah perlengkapan pengaman kepada peserta dan sarana pendukung lainnya, termasuk pengawalan oleh TNI/Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Tagana Dinas Sosial setempat saat lomba berlangsung.

"Kami menjamin keselamatan peserta. Sebelum berkompetisi mereka menjalani serangkaian tes kesehatan, termasuk mendapat rekomendasi dokter dibuktikan dengan surat keterangan berbadan sehat," ujar Burhan.

Ketetapan lomba, peserta diberi waktu oleh panitia selama tiga jam memanah ikan dalam air menggunakan alat khusus dan mereka yang terlibat orang-orang memiliki keahlian khusus (berenang) sebagai syarat yang sudah ditentukan penyelenggara.

"Memanah ikan tentunya harus menyelam ke dalam air, oleh karena itu paling tidak memiliki keahlian berenang," kata dia menambahkan.

Dari hasil lomba, Dinas Komunikasi dan Informatika Parigi Moutong meraih berat ikan tertinggi 9,7 kilogram, disusul perwakilan Kecamatan Palasa dengan berat ikan 8,3 kilogram dan Kecamatan Parigi Tengah meraih berat ikan 7,6 kilogram.

"Para peserta sudah menunjukkan kebolehannya, dan hasil tangkapan mereka juga bervariasi dari jenis hingga ukuran ikan. Dari kegiatan ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi," ucapnya.

Di puncak HUT RI,  Pemkab Parigi Moutong akan melaksanakan upacara bendera dalam air di pantai Mosing Desa Siney, Kecamatan Tinombo Selatan pada 17 Agustus nanti yang melibatkan sejumlah komunitas diving di kabupaten tersebut.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar