Pemprov Sulteng luncurkan gerai dan aplikasi digital perkuat UMKM

id Aplikasi digital UMKM,Koperasi Sulteng,UMKM Sulteng

Pemprov Sulteng  luncurkan gerai dan aplikasi digital perkuat UMKM

Gubernur Sulteng Longki Djanggola menyerahkan bantuan kepada koperasi dan UMKM di daerah itu untuk memperkuat sektor tersebut di masa krisis akibat pandemi COVID-19 (HumasSulteng)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah meluncurkan gerai Pusat Layanan Umum Terpadu (PLUT) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan aplikasi digital untuk memperkuat sektor koperasi dan UMKM di daerah itu.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meresmikan gerai tersebut di Dinas Koperasi dan UMKM Sulteng, di Kota Palu, Selasa.

Longki mengatakan kehadiran gerai dan aplikasi digital hasil kerjasama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) tersebut diharapkan dapat membantu pemasaran produk koperasi dan UMKM di daerah itu sehingga kedua sektor tersebut dapat terus berkembang pesat.

Pada masa pandemi COVID-19, kata Longki, kehadiran gerai dan aplikasi digital diharapkan membantu pelaku UMKM keluar dari krisis yang disebabkan wabah corona yang melanda daerah itu sejak Maret 2020.

“Mari Kita kobarkan semangat dengan menjadikan koperasi dan UMKM sebagai kekuatan ekonomi rakyat dalam pemulihan ekonomi daerah dan nasional,” kata Longki.

Gubernur mengajak seluruh pelaku usaha agar menjadikan koperasi dan UMKM sebagai tulang punggung pertahanan ekonomi bangsa.

Longki mengatakan pemulihan sektor KUMKM saat ini menjadi fokus pemerintah melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam masa adaptasi kehidupan normal baru.

Secara khusus Presiden Joko Widodo telah mencanangkan program Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) berupa penyaluran dana hibah sebesar Rp2,4 juta kepada 12 juta pelaku mikro, penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Di Sulteng kata Longki, pemerintah daerah kabupaten dan kota telah mengusulkan lebih dari 18 ribu calon penerima dana stimulan.

Selain pemerintah pusat sebut Longki, pemerintah daerah melalui APBD perubahan Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020 telah merencanakan penganggaran untuk membantu koperasi dan UMKM sebesar sebesar Rp500 juta kepada sekitar 350 koperasi/UMKM dalam bentuk natura/barang.

Usai memberikan sambutan, Gubernur Longki menyerahkan bantuan pemda kepada koperasi dan UMKM, dan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman KPRI Beringin dengan Bulog.