KEK Palu Akan Tingkatkan Pasar Otomotif

id hasjrat abadi

KEK Palu Akan Tingkatkan Pasar Otomotif

Presiden Toyota Motor Jepang Hiroyaki Fukui (kanan), Direktur PT. Hajsrat Abadi Motor Ruly Lonto (tengah), Wagub Sulteng Soedarto (kiri) dan Patric Raintama (di belakang Wagub) berada di ruang pamer (show-room) usai peresmian Kantor Cabang Mutiara PT. Hasjrat Abadi-Toyota Palu, Jumat (13/6) malam. (

"Jalan darat kami sangat panjang karena wilayah ini sangat luas dan ekonomi daerah sedang tumbuh. Jadi peluang pasar bagi Toyota masih terbuka luas," kata Wagub.
Palu (antarasulteng.com) - Kawasan Ekonomi Khusus Palu yang akan beroperasi mulai Juli 2014 diyakini mampu meningkatkan pasar otomotif di Sulawesi Tengah dan Toyota akan terus berupaya tetap menjadi pemimpin pasar kendaraan roda empat di kawasan ini, kata Direktur PT. Hasjrat Abadi Motor Ruly Lontoh.

Pada peresmian PT.Hasjrat Abadi - Toyota Cabang Mutiara Palu, Jumat malam, Ruly mengemukakan bahwa operasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang akan menjaring banyak investor dari berbagai sektor di dalam dan luar negeri, dipastikan meningkatkan permintaan akan kendaraan bermotor roda empat.

KEK, katanya, juga akan terus mengawal pertumbuhan ekonomi Sulteng yang mencatat angka signifikan selama beberapa tahun terakhir dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi itu diyakini akan dibarengi dengan peningkatan pasar otomotif.

Sebagai contoh, katanya, dengan pertumbuhan ekonomi 9,38 persen pada 2013, pasar otomotif Sulawesi Tengah tumbuh 14 persen. Selama Januari-Mei 2014, penjualan kendaraan bermotor roda empat dari berbagai merek mencapai 3.435 buah dan Toyota menjadi pemimpin asar dengan `market-share` mencaai 54,5 persen.

Sementara itu Vice President Toyota Astra Motor Suparmo Jasmin berharap seluruh jajaran toyota dan dealer untuk meningkatkan kualitas pelayanan penjualan dan purna-jual karena semakin ketatnya kompetisi dan kian banyaknya pemain di pasar otomotif, khususnya roa empat.

Selama Januari-Mei 2014, katanya, volume penjualan mobil di Indonesia tercatat sebanyak 501.000 unit dan Toyota menguasai 34 persen atau 167.000 unit.

"Tahun ini, Toyota telah masuk jajaran empat besar dunia dalam pasar otomotif," ujarnya pada acara yang dihadiri Presiden Toyota Motor dari Jepang Hiroyaki Fukui dan Wagub Sulawesi Tengah Soedarto dan Presiden Komisaris PT. Hasjrat Abadi-Toyota Willy Lontoh itu.

Kantor Cabang Mutiara PT.Hasjrat Abadi-Toyota Palu itu berdiri di atas lahan seluas 4.000 meter dan bangunan 2.700 meter dan merupakan cabang ke-4 di dalam kota Palu atau cabang ke-215 di Indonesia.

Wagub Sulteng Soedarto menyampaikan apresiasi terhadap Toyota yang telah memberikan kontribusi besar pada pembangunan di daerah ini.

"Jalan darat kami sangat panjang karena wilayah ini sangat luas dan ekonomi daerah sedang tumbuh. Jadi peluang pasar bagi Toyota masih terbuka luas," ujarnya.

Dalam peresmian ini, PT. Hasjrat Abadi juga menyerahkan beasiswa kepada sejumlah siswa dari beberapa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Palu khususnya yang memiliki jurusan otomotif seperti SMK Negeri-3, SMK Bala Keselamatan dan SMK Muhammadiyah. (R007/Z002)