Lapas Kolonodale miliki Gudep Pramuka, pengurusnya dilantik Kakanwil Kemenkumham Sulteng

id Morut,Kolonodale,Lapas Kolonodale,Kakanwil Kemenkumham

Lapas Kolonodale miliki Gudep Pramuka, pengurusnya dilantik Kakanwil Kemenkumham Sulteng

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Lilik Sujandi (tengah) menyematkan tanda jabatan kepada Ketua Gudep Teritorial Gerakan Pramuka Lapas Kelas III Kolonodale Mansur Yunus Gafur,SH.MH yang juga Kepala Lapas tersebut di Kolonodale, Senin (31/8) (ANTARA/HO-Michail)

Kakanwil: Saya selalu menyelesaikan masalah di Lapas lewat gerakan pramuka
Kolonodale (ANTARA) - Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Tengah Lilik Sujandi melantik Pengurus Gugus Depan Teritorial Gerakan Pramuka Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Kolonodale, Kabupaten Morowali Utara, di Kolonodale, Senin.

Pengurus Gudep Teritorial Lapas III Kolonodale ini diketuai Mansur Yunus Gafur,SH.MH yang juga Kepala Lapas Kelas III Kolonodale. 

Pelantikan itu dihadiri Bupati Morowali Utara sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Morowali Utara yang diwaliki Sekda Morut Musda Guntur, M.Si, Kajari Morut, anggota DPRD Morut dan pejabat teras lingkup pemda, TNI dan Polri di Morut serta warga binaan Lapas Kelas III Kolonodale.

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Lilik Sujandi mengatakan bahwa gerakan pramuka sengaja dibentuk di semua Lapas untuk dijadikan sebagai satuan komunitas pengayoman untuk membina narapidana.

Gerakan pramuka sanbat penting untuk pembinaan karakter bagi generasi muda khususnya warga binaan Lapas karena banyak hal yang jadi pembelajaran karena melalui kegiatan pramuka mereka bisa mengajak warga binaan lainnya untuk lebih tertib. 

Baca juga: 16.156 KK di Morut sudah terima BLT Dana Desa Tahap I

"Selama menjadi Kakanwil, saya selalu menyelesaikan masalah-maslaah di dalam Lapas lewat gerakan pramuka karena pramuka memiliki model peran untuk membina dan menyampaikan kebaikan kepada kawan-kawan mereka," ujar Lilik yang sebelumnya menjabat Kakanwil Kemenkumham Aceh itu.

Ia berharap anggota Gudep Teritorial Pramuka Lapas Kolonodale bisa mengajak semua teman-teman mereka dalam memaknai perjuangan pramuka dan menjadikan gerakan pramuka sebagai ajang untuk berprestasi.

Sementara itu Sekda Morut Musda Guntur mengapresiasi pembentukan Gudep Teritorial Pramuka Lapas Kolonodale.

Baca juga: Plh Bupati Morut hadiri peringatan HUT Bhayangkara di Polsek Petasia
 
Foto bersama Kakanwil Kemenkumham Sulteng Lilik Sujandi (tengah) dengan Sekda Morut, anggota DPRD, Kajari Morut dan pejabat lainnya usai pelantik Ketua Gudep Teritorial Gerakan Pramuka Lapas Kelas III Kolonodale di Kolonodale, Senin (31/8) (ANTARA/HO-Michail)


Gerakan pramuka ini sangat penting dalam mengubah pola pikir dan karakter generasi muda khususnya warga binaan lapas sehingga saat kembali ke masyarakat nanti mereka sudah siap den gan karakter yang baik dan memiliki keterampilan untuk hidup mandiri dan berprestasi.

Sekda mendorong semua organisasi pemerintah daerah (OPD) untuk segera membentuk gugus depan pramuka di satuannya masing-masing dan yang sudah terbentuk, segera melaksanakan kegiatan-kegiatan.

"Mari kita ramaikan daerah dan masyarakat kita kegiatan-kegiatan bermanfaat melalui gerakan pramuka, tetapi pramuka jangan ditunggangi dengan isu-isu politik sehubungan dengan suasana pilkada tingkat kabupaten dan provinsi yang sedang berlangsung," ujarnya.

Pelantikan ini dirangkaikan pula dengan peluncuran layanan SIAP Lalona (Layanan informasi Whatsapp Lapas Kelas III Kolonodale)
 dan peninjauan dan pembinaan kemandirian pembibitan tanaman hias dan panen ikan lele. hasil karya warga binaan.

Baca juga: Bupati Morowali Utara terbitkan SE kegiatan keagamaan di rumah ibadah
Kepala Lapas Kelas III Kolonodale Mansur Yunus Gafur,SH.MH memberikan sambutan (ANTARA/HO-Michail)
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar