MUI Palu siap bantu Polres tingkatkan kualitas kamtibmas jelang pilkada

id NU Palu,MUI Palu,Polres Palu,Prof Zainal Abidin,Pilkada Serentak,Pilkada Palu

MUI Palu siap bantu Polres tingkatkan kualitas kamtibmas jelang pilkada

Kapolres Palu AKBP Riza Faisal silaturahim dengan Ketua MUI Palu Prof Dr KH Zainal Abidin MAg dan Pengurus NU Kota Palu, di Palu, Selasa. (ANTARA/HO-Istimewa)

MUI diminta untuk terlibat dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban pada pesta demokrasi tahun ini. MUI akan berupaya dan turut membantu keamanan, kenyamanan, dan ketertiban kita semua, demi kemaslahatan umat
Palu (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, siap membantu Polres setempat dalam meningkatkan kualitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pada momentum pemilihan kepala daerah serentak Desember 2020.

"MUI diminta untuk terlibat dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban pada pesta demokrasi tahun ini. MUI akan berupaya dan turut membantu keamanan, kenyamanan, dan ketertiban kita semua, demi kemaslahatan umat," kata Ketua MUI Palu, Prof Dr KH Zainal Abidin MAg, di Palu, Selasa. 

Baca juga: Polres Palu gelar latihan pengamanan pilkada serentak

Polres Palu yang saat ini dipimpin AKBP Riza Faisal SIK  melakukan silaturahim ke Ketua MUI Palu Zainal Abidin, di kediamannya, Selasa.

Dalam pertemuan itu, kata Zainal, beberapa topik menjadi fokus perbincangan diantaranya menyangkut situasi Kamtibmas pada pilkada serentak, khususnya pemilihan wali kota dan wakil wali Kota Palu tahun ini. 

"Berkaitan dengan pilkada, MUI Palu juga berupaya bersinergi dengan Polres Palu tentu dengan melibatkan tokoh-tokoh agama di Palu untuk menjaga situasi Kamtibmas," ujarnya.

Baca juga: Polres Palu gelar pelatihan patroli siber jelang pilkada

Selain Kamtibmas di momentum pilkada, kata dia, MUI Palu juga akan membantu Polres Palu dalam hal pencegahan peredaran narkotika segala jenis.

"MUI juga akan membantu membina umat untuk pencegahan narkotika, serta begal. Hal ini tentu harus dilakukan secara masif dan sistematis di masyarakat," katanya.

Berkaitan dengan itu Kapolres Palu AKBP Riza Faisal berharap MUI dan NU Palu bisa membantu meningkatkan kualitas Kamtibmas pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di Kota Palu.

Riza mengatakan kunjungan tersebut bentuk sinergitas antar unsur terkait dan para tokoh sebagai bentuk antisipasi kerawanan pelaksanaan pilkada.

Selain bertemu ketua MUI Palu, Kapolres juga bertemu dengan Ketua Nahdlatul Ulama Kota Palu Mun'im Godal dan pengurus NU kota setempat.
 
Kapolres Palu AKBP Riza Faisal silaturahim dengan Ketua MUI Palu Prof Dr KH Zainal Abidin MAg dan Pengurus NU Kota Palu, di Palu, Selasa. (ANTARA/HO-Istimewa)