Iran-Rusia Tandatangani Kesepakatan Bangun Dua PLTN

id nuklir, Iran

Iran-Rusia Tandatangani Kesepakatan Bangun Dua PLTN

Teheran,  (Antarasulteng.com)- Ketua Badan Tenaga Atom Iran (IAEO), Behrouz Kamalvandi, mengatakan, Iran dan Rusia sepakat membangun dua pabrik baru pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

Mereka berencana membangun pabrik lain di Iran, selain dua yang telah disepakati tersebut.

Behrouz Kamalvandi menunjuk kepada laporan terbaru Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) dan mengatakan, bahwa dua laporan tentang Rencana Aksi Bersama perundingan nuklir Teheran positif dan mencapai kemajuan.

"Kedua laporan menekankan mengenai  program nuklir Teheran sebagai program damai dan mengatakan, bahwa tidak ada inspektur IAEA yang menyembunyikan itu," kata Kamlavandi.

Dia menambahkan bahwa sesuai dengan kesepakatan dengan kelompok P5+1 (negara anggota Dewan Keamanan PBB AS, Inggris, Prancis, Rusia, Tiongkok ditambah Jerman), IAEA harus menyajikan  laporan sesekali atau bulanan.

"Semua laporan IAEA membuktikan bahwa Iran selalu memberikan kepada Badan itu dengan informasi yang diperlukan, dan memberikan akses kepada inspektur IAEA; juga informasi dari beberapa pabrik dan tambang yang ditawarkan kepada IAEA," kata Kamalvandi.

Dia juga menyatakan bahwa Iran diharapkan IAEA untuk merespon  tepat waktu.

Di masa lalu, IAEA melaporkan mengenai beberapa masalah dengan prasangka dan ambiguitas.

"Kami membantu IAEA untuk memperbaiki proses yang salah tentang informasi yang diperoleh melalui sumber-sumber yang berbeda di seluruh dunia, yang menyediakan dasar untuk beberapa pertanyaan yang dibuat oleh IAEA," kata Kamalvandi. (Antara/MNA-OANA)