Wali Kota Palu Hidayat kukuhkan asosiasi pengusaha tambang.

id tambang,lingkungan,palu

Wali Kota Palu Hidayat kukuhkan asosiasi pengusaha tambang.

Walikota Palu, Hidayat mengukuhkan pengurus Asosiasi pengusaha tambang bebatuan (Aspteta) Kota Palu, periode 2020-2025, pada Sabtu 05/09. ANTARA/ (Rangga Musabar)

Kami harapkan bisa merangkul semua tambang yang ada di wilayah Teluk Palu, apa permasalahan yang mereka hadapi, maka dari asosiasi inilah yang melakukan penyelesaian
Palu (ANTARA) - Pengurus Asosiasi Pengusaha Tambang Batuan (Aspeta) Kota Palu, Sulawesi Tengah, yang berjumlah 13 orang dikukuhkan oleh Wali Kota Palu Hidayat. pada pada 5 September.

Ketua Aspeta Kota Palu H Abdul Sahid mengharapkan dengan pengukuhan pengurus tersebut dapat meningkatkan kerja sama yang kuat dan harmonis dengan pemerintah daerah setempat guna  mendukung program pembangunan di Kota Palu.

''Kami harapkan bisa merangkul semua tambang yang ada di wilayah Teluk Palu, apa permasalahan yang mereka hadapi, maka dari asosiasi inilah yang melakukan penyelesaian,'' Ungkap Sahid.

Usai pengukuhan, Aspeta akan langsung menggelar rapat kerja membahas program kerja untuk lima tahun ke depan. Salah satu agendanya yaitu mengupayakan penambang yang ada di Kota Palu bisa ekspansi ke Pulau Kalimantan dalam menyambut ibu kota baru.

''InsyaAllah setelah dikukuhkan trik kami bagaimana upayanya penambang yang ada di Kota Palu, bisa ekspansi ke Kalimantan menyambut ibu kota baru.'' Jelas Sahid.

Dari data Aspeta Kota Palu, saat ini jumlah penambang batuan yang aktif di wilayah itu mencapai 32 penambang.

Sementara itu Wali Kota Palu Hidayat mengharapkan Aspeta dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota Palu untuk mengelola sumber daya alam dengan baik, khususnya bebatuan di kota itu.

''Selain pengusaha, masyarakat bisa sejahtera secara merata," kata Hidayat

Namun Hidayat mengimbau kepada seluruh penambang yang ada di Kota Palu tetap mentaati peraturan yang ditetapkan pemerintah dalam hal penambangan, khususnya terkait lingkungan. Menurutnya, membangun suatu daerah tapi tidak menjaga lingkungan merupakan kekeliruan.

''Bersinergi memanfaatkan berbagai potensi sumber daya yang ada di Kota Palu, tapi mampu bersahabat dengan alam dan menjaga alam dari kerusakan,'' kata Hidayat