Bakal paslon dari Nasdem mendaftar serentak di enam KPU se-Sulteng

id Nasdem,pilkada serentak,pilkada 2020,pilkada,rusdi-ma'mun,nasdem sulteng,kpu

Bakal paslon dari Nasdem  mendaftar serentak di enam KPU se-Sulteng

Bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Rusdi Mastura - Ma'mun Amir (duduk kursi depan) bersama pimpinan partai koalisi pengusung bakal paslon tersebut saat mendaftar di KPU Sulteng di Palu, Sabtu (5/9/2020). (ANTARA/HO/Humas DPW NasDem Sulteng)

Palu (ANTARA) - Para bakal pasangan calon gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota yang diusung Partai NasDem bersama koalisinya mendaftar secara serentak di enam KPU penyelenggara pilkada di Sulteng yang akan digelar 9 Desember 2020.

 "Hari ini (Sabtu) pendaftaran semua bakal pasangan calon yang diusung Partai NasDem berlangsung serentak di enam KPU penyelenggara pilkada di Sulteng," ucap Juru Bicara DPW Partai NasDem, Mohammad Hamdin  di sela sela pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng di KPU Sulteng di Palu, Sabtu.

Hamdin menyebutkan para bakal pasangan calon (paslon) yang diusung Partai NasDem bersama koalisinya di antaranya bakal paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Rusdi Mastura - Ma'mun Amir mendaftar ke KPU Provinsi Sulteng hari ini. 

Pada hari ini juga bakal paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu Aristan - Wahyuddin mendaftar ke KPU Kota Palu. Selanjutnya bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Sigi Husen Habibu - Paulina mendaftar ke KPU Kabupaten Sigi.

Kemudian pasangan Amran Yahya - M Besar Bantilan mendaftar di KPU Kabupaten Tolitoli, pasangan Tuti Hamid -  Recard BS Manuas di KPU Kabupaten Banggai Laut.

Selain itu pasangan Delis - Djira di KPU Kabupaten Morowali Utara, dan pasangan Darmin Agustinus Sigilipu - Amdjad Lawasa di KPU Kabupaten Poso.

Hamdin menjelaskan sebelumnya pada hari pertama pendaftaran 4 September 2020, dua bakal paslon yang diusung Partai NasDem bersama koalisinya juga telah mendaftar di dua KPU di Sulteng yakni pasangan Amir Tamureka dan Furqan Masulili di KPU Kabupaten Banggai, dan pasangan Muhammad Lahay - Ilham di Kabupaten Tojo Unauna.

"Pendaftaran bakal  pasangan calon kepala daerah tersebut ke KPU melibatkan langsung seluruh partai koalisi," ujarnya. 

Pantauan ANTARA pendaftaran bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Rusdi Mastura-Ma'mun Amir ke KPU Provinsi Sulteng hari ini tampak dihadiri/diantar para ketua dan sekretaris partai koalisi, tim sukses dan simpatisannya.

 Partai NasDem yang mengusung kadernya sebagai bakal calon gubernur Sulteng berkoalisi dengan sepuluh partai politik yakni Partai Golkar, PAN, Demokrat, PPP, Perindo, PRD, PKS, PKB, Garuda dan Hanura. 

Dari koalisi partai itu, ada 33 kursi perwakilan partai politik di DPRD Provinsi Sulteng, yang secara syarat pencalonan telah terpenuhi," ungkap Hamdin.

Sementara itu di Kantor KPU Sulteng menerapkan secara ketat protokol kesehatan pencegahan COVID-19, sehingga tidak semua pengantar dapat masuk ke Kantor KPU, kecuali hanya bakal paslon, ketua dan sekretaris partai pengusung, serta ketua dan sekretaris tim pemenang.

 
Iring-iringan kendaraan pengantar bakal paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir ke Kantor KPU Sulteng di Palu, Sabtu(5/9/2020). (ANTARA/Humas DPW NasDem Sulteng)