Polda Sulteng bagi 400 ribu masker guna cegah penyebaran COVID-19

id Pembagian, masker, covid

Polda Sulteng bagi 400 ribu masker guna cegah penyebaran COVID-19

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Abdul Rakhman Baso, saat memberi sambutan disela-sela kegiatan pembagian 400 ribu masker di Taman Gor Kota Palu, Kamis (10/9/2020).(ANTARA/HO-Humas Polda).

Palu (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) membagi sekitar 400 ribu masker kepada masyarakat sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah setempat.

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Abdul Rakhman Baso, dalam amanatnya saat disela-sela kegiatan di Taman Gor Kota Palu, Kamis, mengatakan pembagian 400 ribu masker itu sebagai gerakan nasional mencegah penularan pandemi COVID-19.

Ia mengatakan pentingnya penggunaan masker ditengah pandemi    COVID-19, sesuai arahan Presiden  Republik  Indonesia, Ir. Joko Widodo, pada rapat terbatas yang menginstruksikan agar fokus mengampanyekan penerapan protokol kesehatan yang dilakukan secara bertahap, dimulai dengan penggunaan masker.

Kapolda mengatakan ditambah tahun ini melaksanakan Pilkada serentak yang berpotensi terjadi penularan COVID-19, sehingga perlu langkah antisipasi dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, salah satunya penggunaan masker.

“Pelaksanaan Pilkada dilakukan pada masa pandemi COVID-19, yang  mana akan ada aturan-aturan atau tahapan-tahapan yang berorientasi pada keselamatan dari potensi penularan wabah COVID-19,” jelasnya.

Karenanya Kapolda menghimbau dalam proses pelaksanaan Pilkada ini untuk selalu mematuhi aturan yang telah ditetapkan dalam upaya bersama memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Selaku Kapolda Sulawesi Tengah berharap para peserta Pilkada serentak selalu mengikuti aturan serta selalu mengedepankan keamanan bagi seluruh masyarakat, karena keamanan adalah hal paling terpenting dalam kontestasi Pilkada serentak,” ujarnya.

Kapolda menegaskan mengajak semua pihak untuk selalu mengedepankan keamanan dan patuh terhadap himbauan pemerintah tentang protokol kesehatan, mencegah penyebaran COVID-19.

Sementara Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol. Didik Supranoto, mengatakan kampanye pemakaian masker hari ini serentak dilakukan oleh jajaran Kepolisian di seluruh Indonesia, termasuk Polda Sulteng dan jajaran Polres.

Ia mengatakan untuk Polda Sulteng telah menyiapkan dan membagikan masker 400 ribu kepada masyarakat dengan harapan semua pihak dan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, termasuk dalam proses tahapan Pilkada yang mulai dilaksanakan.

“Tahapan Pilkada serentak tahun 2020 telah dimulai, untuk mencegah kluster baru penyebaran COVID-19 dalam pelaksanaan Pilkada, Polda Sulteng kampanyekan pemakaian masker,” katanya.

Didik mengatakan kampanye pemakaian masker secara simbolis dilakukan oleh Pangdam XIII Merdeka, Kapolda Sulteng, Danrem 132 Tadulako, Kajati Sulteng, Ketua KPU Sulteng dan Ketua Bawaslu Sulteng kepada perwakilan anggota TNI, Polri, tokoh masyarakat dan LSM.

Kegiatan pembagian masker ini dipimpin langsung Kapolda Sulteng, dihadiri Panglima Kodam XIII/ Merdeka, unsur Forkopimda Sulteng, Ketua KPU Sulteng, Ketua Bawaslu, Wakapolda Sulteng, PJU Polda Sulteng, tokoh masyarakat, Ormas, masyarakat serta pasukan TNI-Polri.