Bamsoet rilis buku terbaru

id Bamsoet,MPR RI

Bamsoet rilis buku terbaru

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meluncurkan dua buku terbaru karyanya di Jakarta, Kamis. (Istimewa)

Sebagai orang yang pernah bergelut di dunia jurnalistik, kebiasaan menulis tak bisa dilepaskan begitu saja. Saya punya doktrin, selama hayat masih di kandung badan, tidak boleh berhenti berkarya

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meluncurkan dua buku terbaru karyanya yaitu "Jurus 4 Pilar" yang tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris, dicetak dan diterbitkan Balai Pustaka, serta buku "Solusi Jalan Tengah" yang dicetak dan diterbitkan Biro Humas Sekretariat Jenderal MPR RI.

"Sebagai orang yang pernah bergelut di dunia jurnalistik, kebiasaan menulis tak bisa dilepaskan begitu saja. Saya punya doktrin, selama hayat masih di kandung badan, tidak boleh berhenti berkarya," kata Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dia mengaku beruntung teknologi informasi memudahkannya dalam menulis, salah satunya melalui note di telepon genggam sehingga dalam perjalanan di mobil, menunggu pesawat maupun di sela kegiatan masih bisa menyempatkan diri untuk menulis.

Menurut dia, melalui kedua buku tersebut dirinya ingin mempertanggungjawabkan kinerjanya selama hampir setahun memimpin MPR RI karena di dalamnya terekam berbagai aktivitas, pertemuan, dan kegiatan yang dilakukannya.

Kegiatan tersebut mulai dari menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI melalui youtube dengan menggandeng selebritis dan youtuber seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Baim Wong, Ari Lasso, Ayu Ting Ting, hingga membidani proses lahirnya Majelis Syuro Parlemen Dunia.

Ia mengatakan berbagai kejadian selama setahun terakhir yang dialami bangsa Indonesia turut terekam dalam kedua buku ini, dari masalah pandemi COVID-19 hingga menjaga harmonisasi sosial di Papua.

"Terlebih penting lagi tentang bagaimana MPR RI memainkan perannya dalam menjaga suhu politik agar tetap sejuk, tidak terlalu panas, tidak juga terlalu dingin," katanya.

Ia menjelaskan kesejukan suhu politik menjadi kunci stabilitas pergerakan roda ekonomi dan pembangunan, yang pada akhirnya menyejahterakan rakyat.

Bamsoet telah melahirkan berbagai karya buku antara lain Mahasiswa Gerakan dan Pemikiran (1990); Kelompok Cipayung, Pandangan dan Realita (1991); Ekonomi Indonesia 2020 (1995); Skandal Gila Bank Century (2010); Perang Perangan Melawan Korupsi (2011); Pilpres Abal-Abal Republik Amburadul (2011); Republik Galau (2012); Skandal Bank Century di Tikungan Terakhir (2013).

Selain itu, Presiden dalam Pusaran Politik Sengkuni (2013); 5 Kiat Praktis Menjadi Pengusaha No.1 (2013); Indonesia Gawat Darurat (2014); Republik Komedi 1/2 Presiden (2015); Ngeri Ngeri Sedap (2017); Dari Wartawan ke Senayan (2018); dan Akal Sehat (2019).

"Berbagai buku tersebut menjadi warisan bagi anak-anak saya maupun generasi muda bangsa pada umumnya. Sekaligus menjadi motivasi bagi mereka agar tidak letih belajar," ujar Bamsoet.

Turut hadir dalam peluncuran buku tersebut antara lain Duta Besar Indonesia untuk Bosnia Herzegovina H.E Roem Kono, Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Arsul Sani, Fadel Muhammad, Zulkifli Hasan, dan Lestari Moerdijat.

Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin, Wakil Ketua DPD RI Sultan Najamudin, Ketua Komite II DPD RI Yorrys Raweyai, Anggota Fraksi PDIP Masinton Pasaribu, Anggota Fraksi PKS DPR RI Aboe Bakar Al Habsyi, Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Darul Siska dan Robert Kardinal, Muhammad Misbakhun, Direktur Utama Balai Pustaka Achmad Fachrodji, dan mantan Wakapolri Nanan Soekarna.