Apindo: Siapapun terpilih gubernur Sulteng harus fokus pertanian

id apindo

Apindo:  Siapapun terpilih gubernur Sulteng harus fokus pertanian

Ketua Apindo Sulteng, Achrul Udaya (kedua kanan).(Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - DPD Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Provinsi Sulawesi Tengah berharap kepada gubernur dan wakil gubernur yang terpilih pada pilkada yang dijadwalkan 9 Desember 2020 agar fokus pada pembangunan sektor pertanian.

"Provinsi Sulawesi Tengah merupakan daerah agraris yang perlu ditangani lebih serius lagi. Oleh karena itu siapapun yang terpilih pada pilkada nanti harus fokus pada sektor pertanian," kata Ketua DPD Apindo Sulteng Acrhul Udaya di Palu, Sabtu.

"Sulteng sangat kaya dengan potensi pertanian dan perkebunan, serta juga tambang. Tambang bukanlah jadi andalan sebab akan habis, tetapi pertanian dan perkebunan dapat bertahan sampai anak cucu kita," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia  kepala daerah yang akan memimpin Sulteng ke depan harus memberikan dukungan dan perhatian serius pada sektor pertanian, terutama pangan dan hortikultura.

"Luas lahan pertanian dan hortikultura yang belum dikelola masih cukup besar, dan semua kabupaten dan kota di Sulteng memiliki potensi untuk pengembangan sektor pertanian," ujarnya tanpa merinci  potensi sektor pertanian di daerah itu..

Ia juga mengatakan pemerintah kabupaten maupun kota di Sulteng harus menekan terjadinya alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan permukiman dan lainnya.

"Kalaupun hal itu tidak bisa dihindari, maka pemerintah harus menyediakan cadangan lahan lainnya untuk areal pertanian yang baru," katanya.

Dengan demikian, kata dia, pertanian tanaman pangan dan hortikultura tetap meningkat dan ke depan dapat menjadi penopang atau penyangga kebutuhan nasional, termasuk ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur nanti

Menyingung bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung pada pesta demokrasi  tahun 2020 Achrul mengatakan kedua pasangan yakni Rusdy-Ma'mun Amir dan Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala merupakan figur pempimpin Sulteng yang bagus.

Artinya, lanjut dia, mereka a memiliki kharisma dan juga didukung kemampuan yang tidak diragukan lagi, sebab mereka adalah pejabat dan mantan pejabat.

"Siapapun dari kedua bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulteng yang akan terpilih nanti, dipastikan mampu mengemban amanah masyarakat " ujarnya.

Menurut dia  masyarakat Sulteng tentu sudah memiliki pilihan sesuai hati nurani mereka untuk memilih calon kepala daerah yang amanah dan memperhatikan rakyatnya.

"Masa depan Sulteng lima tahun ke depan ada di tangan mereka. Kita berharap daerah kita ke depan akan lebih baik lagi dari sebelumnya," ujarnya.

 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar