Tanah longsor menimbulkan kemacetan di jalan Tawaeli-Toboli

id longsor tawaeli-toboli

Tanah longsor  menimbulkan kemacetan di jalan Tawaeli-Toboli

Tanah longsor menyebabkan kemacetan lalu lintas kendaraan di jalur Trans Sulawesi ruas Tawaeli-Toboli, Sulawesi Tengah, Senin (14/9/2020). (ANTARA/Anas Masa).

Palu (ANTARA) - Longsoran tanah pada Minggu malam (13/9) menyebabkan bagian jalan Taweali-Toboli di Sulawesi Tengah tertimbun dan menimbulkan kemacetan lalu lintas kendaraan di bagian jalur Trans Sulawesi tersebut.

Jaber, seorang sopir yang pada Minggu (13/9) berangkat dari Desa Mo'oti, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, menuju Palu, Ibu Kota Sulawesi Tengah, harus menghentikan kendaraan di kawasan permukiman di jalur Kebun Kopi akibat bencana tersebut.

"Kami terpaksa berbalik arah kembali ke Toboli, sebab tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Kota Palu karena tanah longsor menutupi badan jalan di ruas jalan nasional dan Trans Sulawesi yang selama ini lebih dikenal jalan Kebun Kopi," kata Jaber di Palu,Senin.

Menurut dia, banyak pengendara yang kemudian memutuskan kembali ke Toboli karena hujan lebat sepanjang malam mengguyur kawasan yang terdampak longsor.

Jaber juga kembali ke Toboli dan melanjutkan perjalanan pada Senin (14/9) pagi. Menurut dia, perjalanannya sempat tertahan sekitar satu jam karena petugas masih membersihkan longsoran tanah dan bebatuan yang menimbun badan jalan.

Perjalanan Wayan, yang mengemudikan truk bermuatan semen dan besi dari Palu menuju Kabupaten Poso, juga terhambat akibat tanah longsor. Menurut dia, sebagian pengendara terpaksa bermalam di jalan akibat tanah longsor tersebut.

"Saya sendiri baru bisa tembus Toboli Hari Senin sekitar pukul 07.00 WITA," kata dia.

Ruas jalan Tawaeli-Toboli sering terdampak tanah longsor saat hujan lebat. Hujan lebat yang terjadi sejak Minggu (13/9) siang juga menimbulkan tanah longsor di kawasan tersebut.

Dinas Pekerjaan Umum sudah mengerahkan petugas dan alat berat untuk membersihkan material longsoran yang menutupi jalan. Polisi juga sudah diturunkan ke lokasi untuk mengatur lalu lintas kendaraan.
 
Dinas Pekerjaan Umum sudah mengerahkan alat berat untuk membersihkan longsoran tanah di KM15 Jalan Tawaeli-Toboli, Sulawesi Tengah. (ANTARA/Anas Masa)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar