Sulteng Andalkan Cabang Dayung Di Popnas Papua

id dayung

Sulteng Andalkan Cabang Dayung Di Popnas Papua

ILustrasi-Atlit Dayung (antara)

Kita akan terus berupaya mencetak atlet-atlet dayung yang handal
Palu,  (antarasulteng.com) - Sulawesi Tengah masih mengandalkan cabang dayung untuk mengukir prestasi sekaligus mengharumkan nama daerah di pentas Pekan Olahraga antarpelajar nasional (Popnas) yang dijadwalkan berlangsung di Papua pada September 2014.

"Dayung merupakan salah satu dari sejumlah cabang olahraga unggulan Sulteng," kata Edison Ardiles, wakil Sekretaris KONI di Palu, Senin.

Ia mengatakan Sulteng termasuk daerah yang memiliki banyak atlet dayung.

Sejak beberapa tahun lalu, Sulteng telah mencetak beberapa pedayung nasional yang telah mengharumkan daerah dan negara di berbagai kejuaraan internasional.

"Kita akan terus berupaya mencetak atlet-atlet dayung yang handal," katanya.

Karena itu, kegiatan di Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) perlu terus diintensifkan agar kelak melahirkan atlet nasional.

Pada Popnas di Papua September mendatang, Sulteng akan mengikuti beberapa cabang yang dipertandingkan, termasuk sepaktakraw, atletik dan pencaksilat.

Khusus atlet dayung yang dipersiapkan menghadapi kejuaraan tersebut kini sedang menjalani latihan intensif di PPLP Palu. "Ada 13 atlet yang kita siapkan untuk mengikuti Popnas di Papua," katanya.

Belasan atlet yang menjalani latihan dibimbing dua pelatih dayung asal Sulteng. Kedua pelatih itu adalah Andi Lanto dan Topan. "Keduanya mantan pedayung terbaik Sulteng yang sudah banyak pengalaman bertanding dan segudang prestasi," katanya.

Lokasi latihan dipusatkan di Pantai Talise Palu.(skd)