Edison Ardiles kembali terpilih jadi Ketua Pengprov FOKSI Sulteng

id foksi,Kabaddi, edison ardiles

Edison Ardiles kembali  terpilih jadi Ketua Pengprov FOKSI Sulteng

Edison Ardiles (kanan) saat pelaksanaan Musyawarah Provinsi (Musprov) Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia) yang berlangsung di Palu dari 14-15 September 2020. ANTARA/Anas Masa

Palu (ANTARA) - Tokoh olahraga Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Edison Ardiles kembali terpilih menjadi Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI) periode 2020-2024 pada musyawarah provinsi di Palu, Rabu.

Edison yang juga Kepala Sekretariat KONI Provinsi Sulteng itu terpilih secara aklamasi setelah mendapatkan dukungan penuh dari anggota.

Setelah kembali terpilih, Edison mengaku akan berusaha mengembangkan olahraga asal India yang biasa dimainkan lima satu tujuh pemain dengan menggabungkan unsur rugby dan gulat itu.

Kabaddi meski kurang populer di Indonesia namun sudah dipertandingkan di Asian Games. Adapun waktu pertandingannya adalah 2x20 menit untuk putra dan 2x15 menit untuk putri dengan waktu istirahat lima menit.

"Kami akan menjalin kerja sama dengan sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Sulteng. Apalagi sekarang ada kelas olahraga. Peluang untuk mendapatkan atlet cukup besar," kata Edison.

Olahraga kabaddi ini populer di Bangladesh, Iran, Jepang, Nepal, India, Pakistan, dan Sri Lanka. Di benua Eropa dan Amerika dikenal oleh masyarakat Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada.

Karena itu, kata Edison, program pembinaan atlet akan dilakukan dengan sangat serius agar suatu saat cabang kabaddi bisa menjadi aset daerah yang dapat mengharumkan nama Sulteng di kejuaraan nasional termasuk Pekan Olahraga Nasional (PON).

Sementara Ketua Umum KONI Sulteng menyampaikan selamat bagi Ketua Pengprov FOKSI Sulteng yang baru terpilih masa bakti 2020-2024 dan berharap cabang akan semakin mendapat perhatian besar bagi generasi muda, terutama pelajar dan mahasiswa untuk menjadi atlet.

Menurut dia, ke depan yang harus diprioritaskan oleh pengurus FOKSI Sulteng yang baru adalah program pembinaan atlet yang lebih baik sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar