Imigrasi Palu gencar sosialisasikan layanan paspor masa pandemi corona

id paspor

Imigrasi Palu  gencar sosialisasikan layanan paspor masa pandemi corona

Kepala Seksi Teknologi Infomasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu, Danil (kiri) sedang memberikan sosialisasi keimigrasian di Kabupaten Parigi Moutong. (Foto Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - Petugas Imigrasi Kelas I TPI Palu, Sulawesi Tengah, selama pandemi COVID-19 gencar melakukan sosialisasi tentang keimigrasian khususnya mengenai pelayanan paspor.

"Sekarang ini, bagi masyarakat yang akan mengurus atau bermohon mendapatkan paspor, tidak lagi harus datang ke kantor Imigrasi," kata Danil, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Palu, Rabu.

Ia menjelaskan selama masa pandemi dan adaptasi kebiasaan baru, jajajaran Ditjen Imigrasi Kantor Kementerian Hukum dan HAM telah meluncurkan beberapa kemudahan tentang permohonan mendapatkan dokumen perjalanan keluar negeri. Salah satu di antaranya adalah easy paspor (paspor kolektif).

Di hadapan peserta sosialisasi, Danil menjelaskan kemudahan permohonan paspor kolektif adalah pemohon tidak lagi datang ke kantor imigrasi, tetapi petugas yang jemput bola. Artinya, kami (petugas Imigrasi) yang datang ke tempat domisili pemohon dan melakukan perekaman data dan foto.

Seperti yang sudah dilakukan beberapa kali di Kota Palu, petugas Imigrasi datang ke tempat yang sudah disiapkan untuk memberikan layanan paspor. Dengan program tersebut, masyarakat dimudahkan baik biaya penginapan maupun transportasi yang selama ini tentu sangat memberatkan bagi yang tinggal di luar Kota Palu.

Danil juga menambahkan bahwa untuk memasyarakatkan pelayanan dimaksud, pihaknya akan melakukan sosialisasi pada seluruh kabupaten dan kota yang ada di dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Palu.

Di Sulteng selain Imigrasi Palu, ada juga kantor Imigrasi di Luwuk, Kabupaten Banggai. Kantor Imigrasi Luwuk melayani sejumlah kabupaten antara lain Banggai Laut, Banggai Kepulauan, Morowali dan Morowali Utara.

Sementara Kantor Imigrasi Palu melayani Kabupaten Sigi, Poso, Donggala, Tojo Una-Una, Buol, Parigi Moutong dan Tolitoli serta Kota Palu.
foto bersama usai acara sosialisasi pelayanan paspor di Parigi Moutong. Foto Antara/Anas Masa)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar