Pertamina gagas desa siaga COVID-19 di lima Lokasi di Sulawesi

id pertamina, mor VII, Desa siaga covid

Pertamina gagas desa siaga COVID-19 di lima Lokasi di Sulawesi

Ibu-ibu di desa karang-karangan, Palopo Provinsi Sulawesi Selatan diberdayakan memproduksi hand sanitizer dalam kemasan oleh PT Pertamina (Persero) MOR VII, Kamis (17/9/2020). ANTARA/HO/Pertamina MOR VII

Palu (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) menggagas desa-desa siaga COVID-19 di lima lokasi di Pulau Sulawesi sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

"Wilayah-wiayah sasaran yakni desa yang berada di sekitar wilayah operasi Marketing Operation Region (MOR) VII," kata General Manager Pertamina MOR VII Rama Suhut melalui keterangan tertulisnya yang diterima, Kamis.

Dia menjelaskan, pembentukan desa siaga COVID-19 sebagai upaya preventif dan juga pre-emptif mengaplikasikan penerapan protokol kesehatan terhadap masyarakat di sekitarnya. Pertamina juga mengintervensi komunitas masyarakat lewat pemberdayaan memproduksi masker, hand sanitizer dan ada juga beberapa memproduksi 'face shield' sendiri. 

Dari bentuk pemberdayaan tersebut, produk yang dihasilkan lalu dibeli Pertamina dan dibagikan kebali kepada masyarakat dalam bentuk bantuan. Selain itu di setiap area publik yang strategis, Pertamina memberikan bantuan 'wastafel portable' atau tempat cuci tangan lengkap dengan tandon air, serta memasang spanduk imbauan adaptasi kebiasaan baru bertuliskan selalu menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain dan mematuhi etika batuk bersin dan berbicara.

"Pada intinya kita mengedukasi masyarakat, jangan sampai mengabaikan dan tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan. Karena saat ini angka positif COVID-19 terus meningkat" tutur Rama.

Baca juga: Pertamina gunakan E-Warung optimalkan distribusi elpiji bersubsidi di Polman

Dikemukakannya, lima desa siaga COVID-19 itu yakni Kelurahan Maesa Kota Bitung yang berada di sekitar wilayah Fuel Terminal Pertamina Manado, Sulawesi Utara, Desa Karang-Karangan - Fuel Terminal Pertamina Palopo, Kelurahan Ujung Lare, Sulawesi Selatan, kemudian Kelurahan Moengko - Fuel Terminal Pertamina Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Kelurahan Lipu - Fuel Terminal Pertamina Baubau, Sulawesi Tenggara, dan masing-masing mendapat bantuan penanggulangan COVID-19.

Pada wilayah-wilayah desa siaga, Pertamina menghadirkan dokter menyosialisasikan awareness COVID-19, termasuk terlibat aktif bersama tim gugus tugas COVID-19 kabupaten/kota dalam rangka mencegah serta penanganan.

"Semakin lama wabah ini merebak, masyarakat sepertinya sudah bosan seolah menabaikan protokol kesehatan. hal ini jangan sampai terjadi, olehnya sosialisasi dan edukasi perlu digencarkan agar penularan virus corona bisa di tekan," ujarnya.

Di kesempatan itu, GM Pertamina MOR VII menyerahkan secara simbolis bantuan Penanggulangan COVID-19 kepada masyarakat Kelurahan Ujung Lare, Kecamatan Soreang, Kota Parepare berupa 1.000 masker kain, 1.000 botol hand sanitizer ukuran 100mililiter dan 10 unit wastafel portable. 

Baca juga: Pertamina operasikan pertashop di Donggala Sulteng
Baca juga: Pertamina tambah satu lagi SPBU satu harga di Tojo Unauna