DPRD desak Pemkot Palu perbanyak tes usap

id DPRD,DPRD Palu,Sandi

DPRD desak Pemkot Palu perbanyak tes usap

Petugas medis mengambil sampel dahak seorang Aparat Sipil Negara (ASN) pada Rapid dan Swab Test massal di Posko Gugus Tugas COVID-19 Sulawesi Tengah di Kota Palu, Rabu (3/6/2020). ANTARAFOTO/Basri Marzuki/aww.

Palu (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu mendesak pemerintah kota memperbanyak tes usap COVID-19 mandiri kepada warga di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) itu.

Desakan itu disampaikan Ketua Komisi A DPRD Palu Mutmainnah Korona menyusul peningkatan jumlah warga Palu yang terinfeksi COVID-19 dalam beberapa hari.

"Ini perlu kerja keras semua pihak. Bukan hanya Pemkot Palu saja. Perbanyak tes 'swab' (usap) mandiri terutama bagi pelaku perjalanannya udara," katanya di Palu, Senin.

Ia mengatakan pemeriksaan COVID-19 menggunakan tes usap lebih akurat hasilnya daripada tes cepat meski biaya pemeriksaan lebih mahal.

"Perketat penjagaan dan pemeriksaan pelaku perjalanan di bandara. Bila perlu pelaku perjalanan udara yang tiba di Bandara Mutiara Sis Al-Djufrie Palu wajib melakukan 'test swab',"ujarnya.

Ia berharap, desakan itu ditindaklanjuti oleh Pemkot Palu dan tidak dianggap angin lalu mengingat banyak saran, masukan, hingga desakan yang disampaikan komisi di DPRD Palu yang mengurusi kesehatan masyarakat itu kerap diabaikan.

Hanya dalam beberapa hari terakhir, jumlah warga Palu yang terinfeksi COVID-19 melalui hasil pemeriksaan usap melonjak. Berdasarkan data Posko Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran COVID-19 Kota Palu, 24 warga saat ini menjalani isolasi secara mandiri maupun di rumah sakit.