Kapolda Sulteng harap peserta pilkada patuhi protokol kesehatan

id Kapolda, cegah, covid

Kapolda Sulteng  harap peserta pilkada patuhi protokol kesehatan

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Abdul Rakhman Baso. (ANTARA/Sulapto Sali).

Palu, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Irjen Polisi Abdul Rakhman Baso berharap peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di wilayah setempat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Mudah-mudahan semua yang terlibat bisa mematuhi protokol kesehatan dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 seperti himbauan pemerintah jangan sampai tahapan pilkada itu bisa menjadi klaster terbaru penyebaran," kata Kapolda kepada wartawan melalui sambungan teleponnya di Palu, Rabu.

Karenanya, kata Kapolda, semua pihak diminta bisa mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah pusat dan daerah terkait dengan upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

"Termasuk pasangan calon jangan sampai mengerahkan massa mengingat saat ini dalam pandemi COVID-19 ini, itu yang harus kita pedomani bersama dan kesadaran bersama," ujarnya.

Ia mengatakan untuk mengamankan proses pilkada di wilayah Sulteng, Polda menurunkan 19.085 personel yang telah diatur sesuai dengan tahapan penyelenggaraan pilkada.

"Misalnya dari tahap pendaftaran, tahap seleksi, tahap penetapan dan sebagainya itu sudah diatur masing-masing jumlah personel yang kita siapkan dengan dilengkapi alat pelindung diri pencegahan penyebaran COVID-19," ujarnya.

Kapolda mengatakan menjelang penetapan paslon, di Kota Palu ada empat titik yang menjadi perhatian pengamanan, yaitu kantor KPU Provinsi, Bawaslu Provinsi, KPU Kota Palu dan kantor Bawaslu Kota Palu.

"Pengamanan ini juga sudah dilakukan oleh jajaran seluruh polres-polres dengan melibatkan personel yang terlibat operasi dibantu dari TNI dan aparat terkait lainnya sehingga kita berharap dapat berjalan dengan baik berkat kerja sama dengan semua pihak," katanya.

Ia menjelaskan pengaman yang dilakukan seperti penjagaan pengawalan, pengaman tempat, orang dan termasuk dari pasangan calon dalam penetatapan peserta yang dilaksankan oleh KPU.

"Polri protokol kesehatan pencegahan COVID-19 menjadi gaya hidup, memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak sudah menjadi budaya hidup yang melekat, suka tidak sudah bagian kebutuhan di masa pandemi ini dan sudah komitmen gaya hidup," tegasnya.

Kapolda juga berharap pilkada ini bisa berjalan lancar, aman, damai, sehat dan berjalan dengan baik sesuai dengan harapan semua pihak.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar