DPR: Indonesia-Prancis punya pandangan sama soal Indo-Pasifik

id Azis Syamsuddin,DPR RI,Indonesia-Prancis

DPR: Indonesia-Prancis punya pandangan sama soal Indo-Pasifik

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin (kanan) menerima kunjungan Dubes Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu. Pertemuan itu diselenggarakan dalam rangka 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Prancis. (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menilai Indonesia dan Prancis memiliki pandangan yang sama terkait konsep Indo-Pasifik yang inklusif dengan mengedepankan sentralitas ASEAN.

"Indonesia dan Prancis memiliki pandangan yang sama terkait konsep Indo-Pacific yang inklusif dengan mengedepankan Sentralitas ASEAN. Prancis juga menjadi representasi Uni Eropa dalam konteks kerja sama Indo-Pacific yang sedang terus berkembang," kata Azis dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Hal itu dikatakan Azis saat menerima kunjungan Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu. Pertemuan itu diselenggarakan dalam rangka 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Prancis.

Menurut Azis, dalam pertemuan tersebut dirinya dan Olivier membahas berbagai isu mulai dari ekonomi, politik, pertahanan, billateral, multilateral hingga pandemi COVID-19.

"Banyak yang dibahas khususnya terkait kerja sama ekonomi, pertahanan dan maritim," ujarnya.

Azis menilai momentum 70 tahun hubungan kedua negara menjadi momentum meningkatkan kemitraan strategis kedua negara. Dia juga menanggapi positif agenda rencana kerja sama kedua negara dalam hal pertahanan dan alat utama sistem senjata (alutista).

Kedua belah pihak menilai kerangka strategis Indonesia-Prancis menjadi landasan kedua negara untuk terus meningkatkan kemitraan khususnya dalam memelihara perdamaian dunia.

“Kedua negara memiliki visi yang sama, ini tercermin dalan sinergitas di Dewan Keamanan PBB, isu perubahan iklim maupun isu-isu global strategis yang lain. DPR menyambut baik kesamaan pandangan antara kedua negara di tingkat Internasional," katanya.

Dubes Prancis Olivier Chambard mengapresiasi inisiatif Indonesia melalui ASEAN dalam pembentukan konsep "ASEAN Outlook on the Indo-Pacific" dalam membangun wilayah Indo-Pasifik yang inklusif bagi semua pihak.

Dubes Olivier mengatakan Prancis melihat Indonesia sebagai mitra pokok di wilayah Indo-Pasifik, dan negaranya memiliki konsep Indo-Pasifik yang mirip dengan ASEAN yang di prakarsai oleh Indonesia.

"Prancis merupakan bagian dari kawasan Indo-Pacific di mana pulau-pulau kita berada di wilayah ini," ujar Olivier.