IAIN Palu perkuat wawasan kebangsaan kepada mahasiswa baru

id IAIN Palu,abdul wahab,mahasiswa baru iain palu,maba iain palu,prof sagaf s pettalongi

IAIN Palu perkuat wawasan kebangsaan kepada mahasiswa baru

Para doses dan mahasiswa mengikuti pembukaan pelaksanaan matrikulasi secara online dan offline di Palu, Jumat (25/9/2020) ANTARA/Muhammad Hajiji

Matrikulasi ini juga menjadi sarana untuk menjembatani mahasiswa baru sebelum memulai perkuliahan
Palu (ANTARA) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Provinsi Sulawesi Tengah memperkuat wawasan kebangsaan mahasiswa baru tahun 2020 lewat pelaksanaan program matrikulasi yang berlangsung selama dua hari.

"Iya, penguatan penanaman nilai-nilai kebangsaan sebagai bentuk pembinaan wawasan mahasiswa, agar mahasiswa tidak mudah terkontaminasi dengan faham yang bertentangan dengan Pancasila dan NKRI," ucap Kepala Bagian Akademik IAIN Palu Abdul Wahab di Palu, Jumat.

Abdul Wahab mengemukakan IAIN Palu sebagai salah satu perguruan tinggi Islam negeri dibawa naungan Kementerian Agama berkomitmen untuk membina mental berfikir dan karakter mahasiswa, yang sejalan dengan Islam rahmatan lilalaamin, serta menjunjung tinggi Pancasila, Bhineka Tunggal Ika.

Karena itu, sebut Wahab, penanaman wawasan kebangsaan yang dielaborasi dengan pandangan Islam, khususnya moderasi beragama, menjadi satu materi yang wajib ada dalam setiap jenjang pembinaan terhadap mahasiswa baru.

"Di dalamnya juga meliputi akhlak, hal ini menjadi penting karena mahasiswa PTKIN harus berakhlak yang baik dan bersikap serta memiliki pemahaman keagamaan yang moderat," ujarnya.

Olehnya, ia menegaskan, mahasiswa baru wajib mengikuti pelaksanaan program matrikulasi yang merupakan salah satu tahapan pembinaan terhadap mahasiswa baru, sebelum mengikuti perkuliahan di semester gasal/ganjil.

Karena matrikulasi menjadi satu program nasional yang diwajibkan oleh Kementerian Agama kepada seluruh PTKIN untuk melaksanakannya.

"Matrikulasi ini juga menjadi sarana untuk menjembatani mahasiswa baru sebelum memulai perkuliahan," sebut Wahab.

Lewat program matrikulasi, ia menguraikan, mahasiswa baru juga dikenalkan mengenai arah kebijakan pengembangan IAIN Palu dari sisi fisik dan non-fisik termasuk di dalamnya mengenai pengembangan mutu, di masa kini dan akan datang.

Kegiatan matrikulasi dilaksanakan oleh IAIN Palu secara online dan offline. Secara offline dilakukan dengan pembatasan peserta, mengingat kemungkinan penyebaran COVID-19.

"Untuk offline hanya 15 orang mahasiswa baru yang kami ikutkan dalam ruangan, sementara online diikuti 1.500 lebih mahasiswa baru via aplikasi zoom," urai Wahab.

Terkait hal itu, Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menyemangati mahasiswa baru untuk tetap semangat belajar, menuntut ilmu, untuk meningkatkan kapasitas intelektual dan kepribadian perilaku.

Rektor menyampaikan mahasiswa IAIN Palu harus memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan mahasiswa non-PTKIN. Dimana mahasiswa IAIN Palu harus memiliki keunggulan secara intelektual, keterampilan dan akhlak yang didukung dengan pemahaman keagamaan yang moderat.

"Harus tuntas dengan jati diri atau DNA IAIN Palu yaitu unggul dari sisi akademik, unggul dalam akhlak, dan unggul dalam keterampilan, serta mampu baca dan tulis Al Quran," sebut Prof Sagaf.
Kepala Bagian Akademik IAIN Palu Drs H Abdul Wahab MPd menyampaikan sambutan pada pembukaan matrikulasi. ANTARA/Muhammad Hajiji