Kapolda Sulteng kembali ingatkan netralitas Polri dan ASN dalam Pilkada

id Kapolda, kunjungi, polres

Kapolda Sulteng kembali ingatkan netralitas Polri dan ASN dalam Pilkada

Kapolres Palu AKBP Riza Faisal mengalungkan bunga kepada Kapolda Sulteng Irjen Pol. Abdul Rakhman Baso, saat tiba di Mako Polres Palu, di Palu, Selasa (29/9/2020).(ANTARA/HO-Humas Polres).

Palu (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Irjen Pol. Abdul Rahkman Baso, kembali menginggat netralis personel Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di wilayah Sulawesi Tengah tahun 2020.

“Menjelang Pilkada nantinya kepada personel Polri dan ASN Polri harus netral,” kata Kapolda Sulteng, disela-sela dalam kunjungan kerjanya di Mapolres Palu, di Palu, Selasa.

Kapolda Sulteng juga mengingatkan personel khususnya Bhabinkamtibmas untuk dapat menjaga situasi kamtibmas di wilayahnya agar tetap aman, mengingat situasi pandemi COVID-19 maupun dalam pelaksanaan Pilkada serentak.

"Rekan-rekan Bhabinkamtibmas harus berkerja keras menjelang pilkada serentak 2020 dan dapat menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing, harus ingat nama Danramil, Kapolsek, Lurah , Camat dan nama tokoh agama, masyarakat untuk mempermudah koordinasi dan komunikasi," katanya.

Kapolda mengatakan, pelaksanaan Pilkada yang berlangsung lima tahun sekali ini, harapanya semua personel Polda dan Polres jajaran dapat menangani semua permasalahan yang ada.

Kapolda juga mengingatkan tentang peran Polri dalam penanganan pandemi COVID-19, khususnya dalam tugas membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi.

“Pandemi COVID-19 yang berdampak pada ekonomi, untuk itu pemerintah terus berupaya memulihkan stabilitas ekonomi dengan membuka kembali aktifitas di kehidupan Masyarakat, untuk itu Polri dalam hal ini Polda Sulteng beserta Polres jajaranya dapat membantu Pemerintah," katanya.

Kapolda mengatakan untuk bisa memutus rantai penyebaran virus corona harus dengan ketat melakukan penerapan protokol kesehatan yang selama sudah disosialisasikan.

Kunjungan kerja Kapolda di Polres Palu ini dalam rangka tatap muka dengan personel dalam menjaga situasi Kambtibmas dan penanganan COVID-19 serta kesiapan dalam menghadapi Pilkada serentak 2020.

Kunjungan Kapolda Sulteng di Mapolres Palu disambut Oleh Kapolres Palu AKBP Riza Faisal, dengan tradisi mengalungkan bunga dan jajaran kehormatan serta tari tarian adat kaili.

Kapolres juga memperkenalkan pejabat Perkopimda Kota Palu yang ikut hadir, diantaranya Dandim 1306/Donggala Letkol. lnf. Heri Bambang Wahyudi, Kejari Palu Sucipto, Ketua DPRD Kota Palu Ikhsan Kalbi, Ketua Pengadilan Negeri Palu, Danyon Yunif 711 Raksatama, Perwakilan Walikota Palu, pejabat Polres Palu dan undangan.

Kegiatan kunjungan kerja Kapolda ini dikemas dengan rangkaian kegiatan operasi Yutisi dan pemberian penghargaan kepada personel Bhabinkamtibmas yang berprestasi.