Majene Klaim Pelaksana E-KTP Terbaik di Sulbar

id E-KTP, Majene, Sulbar

E-KTP. Seorang pegawai Kelurahan menunjukkan E-KTP yang sudah jadi di Kelurahan Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3 Maret 2012). FOTO ANTARA/Zabur Karuru. (xxz)

"Saya telah melakukan komunikasi dengan perwakilan pelaksanaan e-KTP Sulbar, dari proses komunikasi tersebut menyatakan bahwa Majene masih yang terbaik di Sulbar apalagi data terakhir sudah sangat memuaskan, otomatis akan bertambah terus hingga Juli
Majene - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Majene mengklaim pelaksanaan program kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP di daerah itu terbaik di Sulawesi Barat, meskipun prosesnya baru berjalan beberapa pekan.

"Perekaman e-KTP Majene baru saja resmi diluncurkan 3 Juli 2012 di Kecamatan Banggae, namun perekaman di enam kecamatan telah dilaksanakan sejak pertengahan Juni," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Majene, Atjo Taswin Burhanuddin di Majene, Selasa.

Menurut dia, dari indikator yang dicapai menempatkan Majene menjadi kabupaten terbaik pelaksana e-KTP di Sulbar. Informasi lain ia peroleh dari Koordinator Pelaksanaan E-KTP Wilayah Sulbar yang juga merupakan perwakilan Direktorat Jenderal Catatan Sipil dan Kependudukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Handayani Ningrum.

Dari data terakhir per 29 Juli 2012, realisasi wajib KTP Majene yang telah direkam sebanyak 6,35 persen atau telah mencapai 7.047 orang dari total wajib KTP sebanyak 110.848 orang.

"Saya telah melakukan komunikasi dengan perwakilan pelaksanaan e-KTP Sulbar, dari proses komunikasi tersebut menyatakan bahwa Majene masih yang terbaik di Sulbar apalagi data terakhir sudah sangat memuaskan, otomatis akan bertambah terus hingga Juli ini," kata Atjo Taswin.

Bupati Majene Kalma Katta yang juga ikut merekam data kependudukan bersama keluarga di Kecamatan Banggae mengimbau pelaksanaan e-KTP bisa rampung sesuai target Kemendagri pada Oktober 2012.

Dia meminta seluruh perangkat pemerintahan di tingkat kecamatan bekerja keras dan serius sebab ini bukan sebatas program nasional yang harus segera dirampungkan. Kemendagri juga telah mempertaruhkan jabatan untuk program ini.

"Semuanya harus serius, mengenai laporan terakhir Majene masih menjadi yang terbaik di Sulbar, saya harap itu bisa dipertahankan sebab kabupaten yang sukses melaksanakan program ini akan ada penilaian dan 'reward' dari Kemendagri," kata Kalma.

Hingga saat ini, Kecamatan Banggae Timur telah merampungkan 813 dari 21.327 wajib KTP, Pamboang 970 dari 14.804 wajib KTP, Sendana 2.182 dari 15.203, Tammeodo 741 dari 8021, Malunda 873 dari 11.796. Sementara, Kecamatan Tubo dan Ulumanda belum melaksanakan perekaman.

Secara terpisah Camat Banggae Anwar Lazim melaporkan hasil perekaman di wilayahnya. Dari 21.327 wajib KTP telah merampungkan perekaman sekitar 2.500 dalam dua pekan terakhir. "Perekaman ini sudah dilaksanakan sejak dua minggu lalu, kami mendapat bantuan, peralatan dari Tubo dipinjamkan ke kecamatan kami," katanya.(KR-AHN)

Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar