Fadel Optimistis Lepas Dari Kasus Korupsi

id Fadel, Korupsi, Gorontalo

Fadel Optimistis Lepas Dari Kasus Korupsi

Fadel Muhammad (kanan). (FOTO ANTARA/Andika Wahyu)

Insya Allah, saya optimistis, tidak perlu khawatir jika kita tidak bersalah," kata Fadel.
Gorontalo - Mantan Gubernur Gorontalo dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, mengaku optimistis bakal lepas dari kasus dugaan korupsi sisa anggaran 2001 sebesar Rp5,4 miliar yang menyebabkan dirinya menjadi tersangka.

"Insya Allah, saya optimistis, tidak perlu khawatir jika kita tidak bersalah," kata dia pada sejumlah wartawan usai menjalani pemeriksaan perdana di Kejaksaan Tinggi Negeri Gorontalo, Selasa.

Keyakinan itu, menurut dia, karena kasus pada sebelas tahun lalu itu sudah dua kali dihentikan pengusutannya. Pertama pada 2004 dan kedua pada 2009.

Dia menjelaskan, dalam surat keputusan bersama dengan ketua DPRD saat itu, Amir Piola Isa, yang dikeluarkannya untuk mencairkan sisa anggaran miliaran rupiah itu, juga berisi poin bahwa jika suatu hari kelak ada masalah di dalamnya, maka itu menjadi tanggungan pihak legislatif.

"Amir Piola Isa sudah mengembalikan uang itu, juga sudah menjalani hukuman penjara selama satu tahun enam bulan," kata dia.

Dia mengatakan, Partai Golkar juga sudah mengetahui bahwa kasus lama yang beberapa kali menerpanya itu sudah tuntas.

Sementara itu, kuasa hukum Fadel, Muchtar Luthfi yang mendampinginya pada pemeriksaan perdana itu menambahkan, kasus lama yang kembali dibuka itu adalah tindak pidana fiktif.

Dia mengatakan, Kejati telah membuka kasus lama itu karena eforia pemberantasan korupsi. "Padahal hasil penyidikan membuktikan bahwa pengembalian anggaran ke kas negara itu benar-benar ada pada Mei 2004, tidak fiktif, ada bukti setorannya, ini merupakan peradilan sesat dan mendzalimi orang," kata dia.

Dengan demikian, menurut dia, penyidikan perkara atas tersangka Fadel Muhammad, tidak dapat dilanjutkan ke tahap penuntutan karena tidak terdapat cukup bukti. (KR-SHS)