Leipzig rebut posisi teratas usai perpanjang mimpi buruk Schalke

id liga jerman,rb leipzig,schalke 04

Leipzig rebut posisi teratas usai perpanjang mimpi buruk Schalke

Gelandang RB Leipzig Willi Orban (kiri) merayakan gol yang dicetaknya dalam pertandingan Liga Jerman melawan Schalke 04 yang dimainkan di Red Bull Arena, Leipzig, Sabtu (3/10/2020). (ANTARA/AFP/ODD ANDERSEN)

Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig merebut posisi teratas di klasemen sementara Liga Jerman setelah mereka memperpanjang mimpi buruk Schalke 04 dengan kemenangan 4-0, Sabtu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Kemenangan itu membuat Leipzig kini mengoleksi tujuh poin dari tiga pertandingan pembukaannya untuk membawa mereka menempati posisi puncak. Koleksi poin Leipzig sama dengan Eintracht Frankfurt, namun mereka unggul selisih gol, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Sedangkan Schalke memperpanjang masa huninya di dasar klasemen, dengan nol poin serta selisih gol minus 14 setelah memainkan tiga putaran pertandingan.

Malapetaka Schalke dimulai pada menit ke-31 saat Can Bozdogan mencetak gol bunuh diri. Disusul dengan gol Angelino pada menit ke-35 dan gol Willi Orban pada menit ke-45 untuk menutup babak pertama.

Pada babak kedua, mereka masih menambah satu gol lagi melalui eksekusi penalti Marcel Halstenberg pada menit ke-80.

Sebagaimana telah diperkirakan, Leipzig mendominasi jalannya permainan sejak awal. Sedangkan Schalke hanya memiliki peluang berbahaya dari sepakan jarak Suat Serdar pada babak pertama.

Sayangnya Serdar kemudian harus ditarik keluar lapangan pada menit ke-22 akibat cedera. Permainan Schalke semakin mengendur dan mereka harus kemasukan gol pertama saat sepakan Emil Forsberg dibelokkan pemain pengganti Bozdogan untuk masuk ke gawang sendiri.

Leipzig kemudian menggandakan keunggulan saat umpan silang Christopher Nkunku disambut tandukan Angelino ke tiang jauh. Gol ketiga Leipzig juga didapat dari sundulan ketika Orban menanduk bola umpan silang Halstenberg melewati kiper Ralf Fahrmann.

Schalke harus mengganti kiper Fahrmann yang jatuh dengan punggungnya pada akhir babak pertama dengan rekrutan baru Frederick Roennow. Setelah itu permainan Schalke sempat membaik dan mereka mengancam melalui upaya Bozdogan yang dapat ditahan kiper Peter Gulacsi.

Namun momentum tersebut tidak bertahan lama. Leipzig kembali mengambil kendali permainan, dengan peluang emas dimiliki Nordi Mukiele yang gagal menyambar tendangan bebas Angelino.

Gol keempat Die Rotten Bullen akhirnya didapat saat wasit memutuskan lengan Matija Nastatic mengenai bola di kotak terlarang. Eksekusi penalti diambil oleh Halstenberg untuk memastikan Leipzig mengantungi kemenangan empat gol tanpa balas.

Susunan pemain:

RB Leipzig (3-4-3): Peter Gulacsi, Willi Orban, Dayot Upamecano (Lukas Klostermann 71'), Marcel Halstenberg, Nordi Mukiele, Kevin Kampl (Benjamin Henrichs 76'), Amadou Haidara, Angelino (Joscha Wosz 82'), Emil Forsberg (Alexander Soerloth 71'), Daniel Olmo (Lazar Samardzic 82'), Christopher Nkunku
Pelatih: Julian Nagelsmann

Schalke 04 (3-4-1-2): Ralf Faehrmann (Frederik Roennow 46'), Benjamin Stambouli, Salif Sane, Matija Nastatic, Alessandro Schoepf, Omar Mascarell, Nabil Bentaleb, Bastian Oczipka, Suat Serdar (Can Bozdogan 22'), Mark Uth, Goncalo Paciencia (Vedad Ibisevic 46')
Pelatih: Manuel Baum