Gempa magnitudo 4.0 guncang Kepulauan Togean

id Touna, gempa, bumi

Gempa magnitudo 4.0 guncang Kepulauan Togean

Peta lokasi pusat gempa bumi di wilayah Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, Sabtu (10/10/2020).(ANTARA/HO-Tangkapan Layar).

Palu (ANTARA) - Gempa bumi tektonik berkekuatan 4.0 magnitudo menguncang wilayah Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo UnaUna (Touna) Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu malam.

“Hari Sabtu (10/10) pukul 20:37 Wita, wilayah Wakai, Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, diguncang gempa tektonik,” kata Kepala Stasiun Geofisika Palu, Cahyo Nugroho, dalam rilis BMKG di salah WAG, di Palu, Sabtu malam.

Cahyo mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan 4.0 magnitudo, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.59 LS-121.83 BT atau tepatnya di selat Togean, 20 km arah selatan Wakai, Kabupaten Touna, dengan kedalaman 13 km.

Ia menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal setempat.

Ia mengatakan berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi tersebut dirasakan II-III MMI di Ampana, dan tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat dihimbau tetap tenang dan tidak terpengaruhi oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” himbaunya.

Dia menegaskan, masyarakat diminta memastikan informasi resmi yang hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Intsagram,Twitter, @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id) atau melalui mobile Apps iOS dan Android @infobmkg.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” tegasnya.
Pewarta :
Editor : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar