Wakatobi Tuan Rumah 'Council Meeting Uclg-Aspac' 2015

id wakatobi

Wakatobi Tuan Rumah 'Council Meeting Uclg-Aspac' 2015

(http://www.uclg-aspac.org)

Kendari,  (antarasulteng.com) - Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, menjadi tuan rumah penyelenggara Biro 'Council Meeting United Cities and Local Governments Asia Pacific' 2015.

Bupati Wakatobi Hugua melalui telepon seluler dari Taipe, Sabtu, mengatakan penetapan Wakatobi sebagai penyelenggara Biro 'Council Meeting UCLG-ASPAC 2015 tersebut disepakati melalui Kongres ke-5 UCLG-ASPAC di Taipe, Taiwan, yang berakhir Jumat malam.

"Peserta kongres dari berbagai negara menyepakati penyelenggaraan Biro Council Meeting di Wakatobi, Indonesia, pada September 2015," katanya.

Menurut dia, selain Wakatobi peserta Kongres juga menetapkan dua kota lain, yakni Kota Adelaid di Australia sebagai tuan rumah penyelenggaraan 'Executive Biro Meeting pada April 2015 dan Provinsi Jeollabuk Do di Korea Selatan sebagai tuan rumah Kongres ke-6 UCLG - ASPAC pada 2016.

Ia mengatakan pada penyelenggaraan kegiatan Biro 'Caouncil Meeting' di Wakatobi, akan dirangkaikan dengan Internasional Seminar on Low Carbon City yang akan menghadirkan pembicara dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di negara-negara Asia Pasifik.  
"Kegiatan Biro Council Meeting di Wakatobi nanti, diperkirakan akan dihadiri sekitar 500 peserta termasuk 200 bupati/wali kota dan gubernur di Asia Pasifik," katanya.

Sebagai Bupati Waatobi, Hugua mengaku akan mengundang Presiden RI Joko Widodo untuk membuka acara 'Biro Council Meeting' tersebut.

"Pada kesempatan kegiatan Biro Council Meeting di Wakatobi ini menjadi ajang para gubernur dan bupati/wali kota di Asia Pasifik bernostalgia dengan Presiden Joko Widodo," katanya.

Itu karena kata dia, Joko Widodo masih sebagai salah seorang  Co - presiden UCLG - ASPAC.

"Sebagai tuan rumah, kami berharap dapat meresmikan beberapa proyek besar di Wakatobi, antara lain PLTU  dan Sekolah International Perikanan," katanya.(skd)