Sumbar siap 90 persen pelaksanaan MTQ Nasional XXVIII

id MTQ Sumbar,MTQ XXVIII,Musabaqah Tilawatil Quran

Sumbar siap 90 persen pelaksanaan MTQ Nasional XXVIII

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat meninjau pembuatan video untuk sosialisasi MTQ Nasional XXVIII di Sumatera Barat. (ANTARA/HO Pemprov Sumbar)

Padang (ANTARA) - Persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII di Sumatera Barat sudah 90 persen selesai pada pekan kedua Oktober 2020.

"Semua berjalan lancar. Sesuai jadwal. Venue lokasi pertandingan pun sudah siap untuk digunakan," kata Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Padang, Sabtu.

Gubernur optimistis seluruh persiapan pelaksanaan MTQ Nasional, yang dijadwalkan berlangsung 12-21 November 2020, bisa selesai pada minggu pertama November 2020.

Saat ini penyiapan arena lomba dan tempat pembukaan MTQ Nasional di stadion utama di Padang Pariaman terus dikebut.

Persiapan di lapangan utama dan tribun yang akan dipergunakan untuk acara pembukaan MTQ sudah hampir selesai.

"Sosialisasi pada masyarakat juga mulai kita gencarkan, melibatkan belasan komunitas seni," kata Gubernur.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat Gemala Ranti mengatakan dinas berkolaborasi dengan 16 komunitas seni dan film untuk membuat 12 konten video guna mensosialisasikan pelaksanaan MTQ Nasional XXVIII.

"Video art (seni) dipilih untuk menyiasati kondisi pandemi yang tidak memungkinkan interaksi fisik karena berpotensi menyebabkan penyebaran COVID-19," katanya.

Konten-konten video tersebut akan diputar di videotron-videotron yang ada di 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat untuk memeriahkan pelaksanaan MTQ.

"Jadi kemeriahan MTQ tetap dirasakan meski di tengah pandemi," kata Gemala.