Wakil Kasad Berkunjung Ke Palu

id wakasad

Wakil Kasad Berkunjung Ke Palu

Wakil KSAD Letjen TNI Muhammad Munir saat masih menjabat Panglima Kostrad (Istimewa)

Pasukan yang sebagian besar dari Batalyon Infanteri 711/Raksatama tersebut akan bertugas di perbatasan RI-Papua Nugini di Papua menggantikan Batalyon Infanteri 715/Mololiatu, Gorontalo.
Palu (antarasulteng.com) - Wakil Kepala Staf TNI AD Letnan Jenderal TNI Muhammad Munir meninjau Yonif 711/Raksatama Palu yang para prajuritnya dipilih untuk menjadi pasukan pengamanan perbatasan Indonesia-Papua Nugini dan akan berangkatkan pada akhir September 2014.

Peninjauan itu dilakukan di Markas Batalyon 711/Raksatama Palu, Kamis, dengan didampingi Panglima Kodam VII/Wirabuana Mayor Jenderal TNI Bachtiar dan Komandan Korem 132/Tadulako Kolonel Inf Ilyas Harahap.


Dalam kesempatan itu Wakil KASAD juga memeriksa perbekalan yang akan dibawa ke wilayah perbatasan antara lain, persenjataan, bibit tanaman, obat-obatan, peralatan olahraga, peralatan memasak, perlengkapan komunikasi, serta perlengkapan lainnya.

Secara keseluruhan, Muhammad Munir menyatakan 450 pasukan yang akan bertugas selama sembilan bulan itu siap bertugas, setelah menerima berbagai latihan dan pembekalan.

Dia juga berharap pasukan Batalyon Infanteri 711/Raksatama Palu bisa menjadi yang terbaik saat bertugas di wilayah perbatasan, seperti pendahulunya.

"Kalau berprestasi nanti akan diberi hadiah, yakni ditugaskan ke luar negeri," katanya.

Sebelumnya ratusan pasukan pengamanan perbatasan itu telah melakukan latihan pratugas tahap II di wilayah Bangga, Kabupaten Sigi.

Dipilihnya wilayah Bangga karena daerah tersebut memiliki kemiripan kondisi geografis dengan lokasi di Merauke sehingga personel tidak terlalu kaget saat bertugas.

Materi latihan tersebut antara lain komunikasi sosial kepada masyarakat, operasi intelijen, operasi militer selain perang, dan pendekatan kepada masyarakat.

Pasukan yang sebagian besar dari Batalyon Infanteri 711/Raksatama tersebut akan bertugas di perbatasan RI-Papua Nugini di Papua menggantikan Batalyon Infanteri 715/Mololiatu, Gorontalo.

Pasukan Yonif 711/Raksatama nantinya akan digantikan Yonif 713/Satyatama Gorontalo.

Sebelumnya Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap Brigjen TNI Supartodi juga memberikan semangat dan pembekalan pasukan tersebut sebelum berangkat. (R026/N002)