Polisi bubarkan perkumpulan orang hendak sabung ayam di Palu

id Polisi, bubar, orang

Polisi bubarkan perkumpulan orang hendak sabung ayam di Palu

Waka Polsek Palu Utara Iptu Rislan saat memberi himbauan kepada warga, di Palu, Minggu (18/10/2020).(ANTARA/HO-Humas Polres).

Langsung dibubarkan, kejadiannya, pada tanggal 18 Oktober 2020, berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa adanya aktivitas yang baru saja hendak dibuka oleh sekelompok oknum warga yaitu sabung ayam
Palu (ANTARA) - Kepolisian Resor Palu membubarkan perkumpulan sejumlah orang yang diduga hendak melakukan sabung ayam di Kelurahan Mamboro, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kapolres Palu AKBP Riza Faisal, di Palu, Senin, mengatakan pembubaran tersebut dilakukan Polsek Palu Utara, dipimpin Waka Polsek Iptu Rislan bersama sejumlah personel.

Sementara itu Rislan mengatakan langkah cepat yang dilakukan aparat Kepolisian Sektor Palu Utara itu saat mendapatkan informasi dari masyarakat akan adanya aktivitas dugaan sabung ayam yang baru akan dilakukan oleh sejumlah warga di Kelurahan Mamboro.

“Langsung dibubarkan, kejadiannya, pada tanggal 18 Oktober 2020, berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa adanya aktivitas yang baru saja hendak dibuka oleh sekelompok oknum warga yaitu sabung ayam,” ujarnya.

Ia mengatakan dugaan aktivitas sabung ayam yang hendak dilakukan itu mendapatkan penolakan dari warga sekitar yang kemudian melaporkan kepada polisi.

“Olehnya sebelum adanya kejadian yang tidak diinginkan Polsek langsung membubarkan sekelompok warga tersebut,” jelasnya.

Ia mengatakan dalam pembubaran tersebut, dirinya menegaskan kepada warga untuk tidak melakukan aktivitas tersebut karena bertentangan dengan norma dan hukum.

“Sehingga sebelum menyebar cepat kami ambil tindakan dan kami ingatkan oknum warga yang hendak melakukan sabung ayam, agar tidak melakukan aktivitas kembali sebelum dilakukan tindakan tegas oleh aparat kepolisian,” ujarnya.

Ia menyebut dalam pembubaran itu tidak ada perlawanan dari warga, dan saat ditemukan para warga yang sudah menyiapkan ayamnya diminta untuk kumpul dalam satu tempat dan dilakukan pembinaan sebagai peringatan. 

"Kami bubarkan sebelum bermain sabung ayam dan mereka juga dihimbau untuk menaati protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19," katanya.