PFI Palu mulai rekrut anggota baru untuk regenerasi organisasi

id Pfi palu, pewarta foto, rekrut anggota, Palu, sulteng

PFI Palu mulai rekrut anggota baru untuk regenerasi organisasi

Logo Pewarta Foto Indonesia (PFI). ANTARA/HO/PFI

Palu (ANTARA) -
Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palu, Sulawesi Tengah mulai membuka pendaftaran perekrutan anggota baru sebagai upaya untuk regenerasi organisasi di bidang jurnalis foto.


 


"Iya, pendaftaran kami buka mula 26 Oktober hingga 2 November 2020. Kami juga sudah menyebarkan pamflet melalu media sosial masing-masing anggota PFI," kata Ketua PFI Palu Roby Shandi, di Palu, Minggu.


 


Dia menjelaskan, PFI merupakan salah satu organisasi wartawan khusus pewarta foto yang eksistensinya telah diakui Dewan Pers, sebagaimana organisasi profesi wartawan lainnya.


 


Perekrutan anggota juga, sebagai mana hasil yang disepakati dalam musyawarah daerah luar biasa (Musdalub) PFI Palu ke-III yang diselenggarakan 2017 lalu.


 


Dia mengemukakan, mereka yang mendaftar harus dari kalangan jurnalis (karyawan tetap atau jurnalis lepas) yang ditunjang dengan pembuktian karya berupa foto atau video. 


 


"Di luar dari yang dipersyaratkan belum bisa kami akomodasi, karena ini sudah ketentuan PFI Pusat melalui kongres 2019. PFI Palu tidak ada target berapa jumlah anggota baru yang akan diterima," ujar Rony yang juga salah seorang jurnalis Palu.


 


Sekretaris PFI Palu M Taufan SP Bustan menjelaskan, bagi jurnalis yang berminat bergabung bersama PFI, diharuskan mengisi formulir pendaftaran yang telah disiapkan panitia sebagai salah satu syarat yang harus di penuhi sebagai calon anggota.


 


Ada pun persyaratan lainnya, menyetor kliping karya foto terbaru (foto maksimal tiga bulan terakhir) yang telah tayang di medianya masing-masing sebanyak lima karya terhitung mulai Januari-Oktober 2020.


 


Setelah itu, pendaftar wajib mengikuti sesi wawancara dan pemaparan karya jurnalistik sebagai bentuk keseriusan ingin bergabung bersama PFI Palu. 


 


"Lalu dilakukan verifikasi berkas. Dan hanya pendaftar yang memenuhi semua persyaratan diterima," ucap Taufan. 


 


Dia menambahkan, bagi jurnalis yang berdomisili di Palu dapat mengambil formulir di Sekretariat Bersama PFI Palu, Jalan Ahmad Yani Lorong III, Kelurahan Besusu Timur, Kecamatan Palu Timur. 


 


"Sedangkan untuk jurnalis di luar Palu bisa menghubungi panitia via WhatsApp, di nomor 085241234525 dan nomor 082396455450," katanya.
Pewarta :
Editor : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar