Kamis, 19 Oktober 2017

Castro Bertemu Para Pemimpin China

id castro, kuba, china
Castro Bertemu Para Pemimpin China
raul castro (REUTERS/Javier Galeano/Pool/djo)
Beijing - Presiden Kuba Raul Castro memulai rangkaian pertemuannya dengan para pemimpin China, Kamis, yang diharapkan dapat memperoleh dukungan dari sekutu lamanya untuk membantu penerapan reformasi ekonomi bersejarah.
        
Castro akan bertemu dengan Presiden China Hu Jintao di Beijing,  Kamis sore. Kedua belah pihak dijadwalkan untuk menandatangani serangkaian perjanjian yang menurut para analis difokuskan pada perdagangan dan infrastruktur.
        
Dia kemudian dijadwalkan bertemu dengan dua calon pemimpin China, Xi Jinping dan Li Keqiang, Jumat, guna memperkuat hubungan  pribadi dengan tokoh-tokoh yang secara luas diasumsikan akan menjadi presiden dan perdana menteri China di masa mendatang.
        
"Kuba dan China telah bekerja bersama selama bertahun-tahun," kata Xu Shicheng, seorang peneliti di Akademi Ilmu SosialChina  dan pakar Amerika Latin.
        
"Kunjungan ini bisa memperkuat hubungan kedua negara dan mempromosikan kerjasama di bidang-bidang antara lain ...pembangunan jalan raya dan rel kereta api, pembangunan pelabuhan-pelabuhan maritim dan mengembangkan kerjasama bidang perminyakan,  serta pertanian."
   
Kunjungan empat hari Castro ke China, yang dimulai pada Rabu, merupakan kunjungan balasan dari lawatan Xi ke Havana tahun lalu ketika kedua belah pihak menandatangani 10 kesepakatan yang bertujuan untuk mendukung reformasi di Kuba. (G003)

Editor: Riski Maruto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Baca Juga