SNI Mulai Bangun Pabrik CPO Di Sulbar

id cpo

SNI Mulai Bangun Pabrik CPO Di Sulbar

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - PT Satria Nayaka Infrastruktur (SNI) telah mengawali pembangunan pabrik pengolahan minyak sawit mentah/crude palm oli (CPO) di Mamuju Utara, Sulawesi Barat, dalam satu rangkaian acara peletakan batu pertama.

"Sudah selesai peletakan batu pertama oleh Bupati Mamuju Utara Agus Ambo Jiwa," kata Direktur SNI H. Tjabani di Palu, Rabu.

Dia mengatakan peletakan batu pertama berlangsung Minggu (28/9) dalam sebuah acara serimonial yang dihadiri sekitar 1.000 orang umumnya petani di daerah itu.

Tjabani menargetkan pembangunan pabrik tersebut akan rampung dalam waktu satu tahun sehingga akhir 2015 nanti pabrik sudah bisa beroperasi mengingat sawit juga sudah memasuki usia panen.

Dia mengatakan pembangunan tersebut dilakukan di atas areal sekitar 20 hektare.

Tjabani enggan menyebutkan nilai investasi dari pembangunan CPO tersebut, namun kata dia, untuk pembebasan lahan saja sudah menghabiskan dana sekitar Rp3 miliar.

Tjabani adalah salah seorang pengusaha sawit lokal Sulawesi Tengah yang dipercaya oleh SNI mengembangkan perkebunan sawit di sejumlah daerah di Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

Dia mengatakan pembangunan pabrik tersebut dilakukan di Kabupaten Mamuju karena lahan seluas 19.000 hektare berada di wilayah itu masing-masing tersebar di Kecamatan Lariang, Caruddu dan Dapurang.

Ditakannya, penanaman sawit tersebut sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu sehingga pembangunan pabrik pengolahan mendesak dilakukan.

Menurut dia, pembangunan pabrik itu akan menyerap ratusan tenaga kerja lokal.

Ia berharap masa depan petani sawit di Sulawesi Barat lebih baik seiring dengan komitmen perusahaan dalam membangun kemitraan dengan petani setempat.(skd)