Otomotif - Off Road Di Palu Diikuti 30 Peserta

id motor, cross

Otomotif - Off Road Di Palu Diikuti 30 Peserta

Ilustrasi (Istimewa)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kejuaraan Off Road di Palu, Sulawesi Tengah dipastikan diikuti sekitar 30 peserta dari beberapa daerah di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Ketua Panitia Pelaksana, Arfan di Palu, Kamis, mengatakan kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari dari 10 Oktober 2014 itu akan dibuka Wali Kota Palu, Rusdi Mastura.

Kegiatan tersebut masih dalam rangka memeriahkan HUT Kota Palu dengan memperebutkan piala bergilir Wali Kota dan empat unit sepeda motor.

Para peserta yang telah mengkonfimasi kehadiran mereka di kejuaraan ini berasal dari Sulut, Sultra, Sulsel, Gorontalo, Sultra, Kalimantan dan tuan rumah Palu.

Selain peserta dari Palu, juga ada yang datang dari Kabupaten Tolitoli dan Morowali.

Tujuan utama dari kegiatan adu ketangkasan, nyali dan juga kemampuan kendaraan antara lain sebagai ajang mempromosikan berbagai objek pariwisata di Kota Palu, juga lebih memasyarakatkan olahraga itu.

Ia mengaku pengembangan dan pembinaan olahraga off road di Sulteng hingga kini masih terbilang kurang, tidak seperti olah raga otomotif lainnya.

Tujuan lainnya, kata Arfan juga membantu kegiatan-kegiatan ketika terjadi bencana alam di kabupaten dan kota di Sulteng. Sulteng cukup rawan bencana alam sehingga perlu mendapat perhatian pemerintah dan masyarakat.

Dalam beberapa kali terjadinya bencana alam di Sulteng, termasuk banjir bandang di Kabupaten Parigi 2013, kendaraan yang digunakan untuk mendistribusikan logistik bantuan kepada para korban dengan mobil khusus yang biasanya dipakai pada Off Road.

Kendaraan itu telah dimodifikasi sesuai dengan kondisi medan jalan yang ekstrem.

Semakin banyak kendaraan seperti itu di Sulteng , maka semakin besar pula pemanfaatannya ketika terjadi bencana alam di daerah-daerah.

Kegiatan Off Road di Palu, kata Arfan, Pemkot bekerja sama dengan IOF (Indonesia Off Road Federation) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi ulawesi Tengah.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Palu, Ajenkris mengatakan, pihaknya siap untuk mensukseskan kegiatan tersebut.

"Kami akan menerjunkan personil ke lokasi kegiatan untuk mengamankan jalannya kejuaraan itu," katanya.

Termasuk akan mengawal pawai kendaraan peserta yang akan berkeliling Kota Palu pada 10 Oktober 2014 pukul 08.00 WITA. Pawai akan start dari lapangan Vatulemo Palu dan finish di lokasi tempat pelaksanaan Off Road di Desa Buluri Indah.

Sementara Ibrar, penanggungjawab lintasan Off Road mengatakan lintasan yang akan digunakan untuk kegiatan, seluruhnya sudah rampung.

"Tidak ada lagi masalah menyangkut lintasan lomba," katanya.(skd)